Tampilkan di aplikasi

Si kecil siap sekolah?

Tabloid NOVA - Edisi 1497
1 November 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1497

Agar anak dapat mengikuti pelajaran di sekolah, orangtua harus mengetahui kesiapan anak. Seperti apa saja?

NOVA
Annisa dan Bayu terlibat perdebatan kecil. Pasalnya, buah cinta mereka, Ayunda akan segera didaftarkan ke sekolah oleh Annisa. Sementara Bayu melihat usia Ayunda masih terlalu kecil untuk bersekolah. Lalu, benarkan hanya usia saja yang menjadi faktor kesiapan anak masuk sekolah? Faktor usia memang sering dijadikan sebagai salah satu alasan utama mereka memasukkan anak ke sekolah. Namun, itu bukanlah satu-satunya faktor utama mengukur kesiapan anak sekolah. Biar bagaimana pun, masing-masing anak memiliki keunikan dan stimulasi yang berbeda, sehingga perkembangan satu anak dengan yang lainnya, berbeda- beda.

Dan sudah menjadi hal yang lazim, sebelum anak memasuki sekolah SD, mereka sudah lebih dulu duduk di bangku prasekolah maupun Taman Kanak-kanak (TK). Menurut Karina Priliani, konselor pskologi dari Personal Growth, pada dasarnya prasekolah maupun Taman Kanak-kanak (TK) berbeda dari sekolah dasar (SD). Prasekolah lazimnya dimulai sejak usia 4 tahun. Di sana aktivitas anak kebanyakan masih bermain yang diselingi belajar. Oleh sebab itu, siap atau tidak siap, seyogianya anak didorong untuk masuk TK sebelum duduk di bangku SD.

Si Kecil Siap Sekolah? Perkembangan Motorik Di TK anak akan belajar banyak hal lewat permainan untuk melatih bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Mengenal warna, bentuk, dan irama dalam pola bermain sehingga melatih perkembangan motoriknya. Sambil bermain, diselipkan pula norma dan disiplin sebagai bekal anak memahami tanggung jawab. “Setahu saya anak TK sudah mulai dikenalkan dan sudah bisa mengeja huruf. Meski belum lancar, itu sudah bagus,” ujar Karina yang menyayangkan adanya TK yang mem-push anak agar bisa membaca. “Saya lebih setuju tidak perlu di-push agar lancar membaca karena sebenarnya sejalan dengan perkembangannya anak akan belajar konsep membaca dengan lebih cepat dan semakin lancar,” anjurnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI