Tampilkan di aplikasi

Wisata pulau samosir dari makam raja hingga pilih ikan di keramba

Tabloid NOVA - Edisi 1497
1 November 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1497

Pulau di tengah Danau Toba ini memiliki banyak tempat wisata, mulai dari budaya, alam, suvenir, hingga kuliner. Siapkan waktu luang karena tak cukup satu hari untuk menikmati wisata yang ada di sana.

NOVA
Makam Raja Sidabutar Patung Perempuan Istimewa di Makam Raja Makam ini terletak di kawasan Pasar Tomok, tak jauh dari dermaga. Memasuki gerbang areal makam, tiang kayu tinggi dengan ukiran cicak dan payudara yang menjadi filosofi Batak berada di kanan dan kiri anak tangga. Areal ini memang letaknya lebih tinggi dari jalanan pasar dan terbagi menjadi dua, yaitu deretan bangku semen untuk duduk di sebelah kiri dan makam-makam dengan beberapa ukuran di sebelah kanan. Anda bisa menyewa pemandu tur yang tersedia di dermaga Tomok untuk menerangkan berbagai tempat wisata yang ingin didatangi, termasuk ke makam ini. Jadi, Anda tak sekadar melihat tanpa tahu cerita di baliknya.

Untuk ukuran masyarakat setempat, semua makam di areal Makam Raja Sidabutar terbilang kecil. Sebab, di pulau Samosir, ada makam yang ukurannya besar, dilengkapi dengan dua daun pintu yang lebar dan memiliki Pasar Tomok Dari Suvenir Sampai Ikan Asin tas dan dompet kulit, rajut, kain, ulos, gelang, hiasan dinding dan meja, kalender Batak, gantungan kunci, bahkan kopi bubuk khas Sumatera dan makanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Para pedagang dengan ramah akan mempersilakan Anda mampir dan meminta Anda menawar harganya.

Harga yang ditawarkan umumnya lebih murah dibandingkan barang yang sama yang dijual di Parapat, Kab. Simalungun atau bandara. Bila datang ke sana sesaat tokotoko dibuka, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, karena dianggap sebagai penglaris. Hanya saja, perlu ketelitian agar bisa mendapatkan baju atau kaus dengan kualitas bagus, mengingat di sana kualitas teras. Beberapa Raja Sidabutar dimakamkan di areal ini bersama beberapa makam lain yang berisi tulang belulang tentara dan keluarga kerajaan yang tewas saat perang pada saat itu. Kuburan tertua di areal itu adalah kuburan Raja Sidabutar pertama, di mana wajah raja dipahat di sana.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI