Tampilkan di aplikasi

Panggilan hati merawat anak-anak penderita HIV/AIDS

Tabloid NOVA - Edisi 1504
21 Desember 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1504
NOVA
Namaku Puger Mulyono. Aku salah satu pendiri sekaligus penanggung jawab Yayasan Lentera Surakarta yang bergerak dalam pendampingan anakanak penderita HIV/AIDS. Ada 11 anak yang kutampung di Yayasan Lentera. Anakanak yang kutampung di Yayasan Lentera merupakan anak dari pasangan penderita HIV/AIDS yang sudah meninggal. Anak-anak itu juga ditolak oleh keluarga besar serta lingkungan mereka.

Mengasuh anak-anak penderita HIV/ AIDS yang sudah yatim piatu memang muncul dari panggilan hati. Ditambah pula, aku tidak tega melihat stigma miring yang mereka dapat baik dari keluarga maupun lingkungan.

Dulu, keluarga mereka begitu sayang dengan kehadiran mereka di dunia, namun begitu tahu status si anak, sirna pula kasih sayang mereka. Lantas, anak-anak yang tidak tahu apa-apa itu pun dibuang. Melihat kondisi itu, aku membulatkan tekad mengadopsi anak pertama yang menderita HIV/AIDS pada tahun 2012 lalu.

Aku dan teman-teman relawan dari LSM Mitra Alam mendapat informasi dari rumah sakit bahwa ada anak yang menderita HIV/AIDS karena tertular orangtuanya.

Langkah pertama yang kami lakukan untuk mengadopsi anak malang tersebut, aku dan teman-teman mendatangi rumah keluarganya di Mojosongo, Solo.

Saat itu, aku dan teman-teman relawan menawarkan diri kepada keluarganya, dalam hal ini nenek dan bibinya, supaya si anak bisa kami asuh. Sebab di rumahnya, anak itu tidak ada yang merawat. Usaha tersebut berhasil, pihak keluarga menyetujui keinginanku dan teman-teman relawan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI