Tampilkan di aplikasi

Sulam alis, amankah dilakukan?

Tabloid NOVA - Edisi 1523
17 Mei 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1523

Sulam alis adalah teknik aplikasi tinta (herbal) yang berfungsi mengisi bagianbagian alis yang kosong, menggantikan alis-alis rambut, dan menyisipkannya di antara rambut alis asli hingga membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus natural/alami. / Foto : iStock

NOVA
Dengan menggunakan alat khusus (embroidery machine), alis disulam sehingga menghasilkan salur-salur di kulit bagian luar (epidermis). Alat yang digunakan sangat sederhana dan jauh dari kesan menyeramkan, berupa pena unik dilengkapi dengan motor penggerak di dalamnya yang bisa bergerak dengan kecepatan sangat tinggi untuk menggambar alis sesuai keinginan atau sesuai pola sebelumnya.

Pada ujung alat tersebut telah dioleskan tinta khusus yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berfungsi sebagai pewarna. Tinta terbuat dari bahan-bahan herbal dengan warna yang dapat disesuaikan dengan alis yang asli. Proses sulam dan warna tinta herbal membuat alis terlihat lebih natural/ alami, dan lebih populer dibandingkan tato alis. Proses sulam alis biasanya akan memakan waktu 1 – 1 ½ jam karena perlu ketelitian supaya hasilnya maksimal dan tampak natural.

Pada dasarnya, treatment sulam dilakukan dengan bahan-bahan alami. Bahan yang digunakan adalah tinta. Tinta tersebut digambar pada kulit menggunakan alat tertentu. Perlu kita tahu, kulit manusia beragam jenisnya. Ada yang sehat, ada juga yang mudah teriritasi alias sensitif. Bagi kulit yang sehat, mungkin cara ini tidak akan langsung memengaruhi kulit. Tapi bagi kulit yang sensitif, jika bahan yang digunakan untuk pembuatan desain sulam alis tidak cocok untuk kulit, maka akan menyebabkan alergi, iritasi, dan lain sebagainya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI