Anak Anda termasuk jago kandang?

Tabloid NOVA - Edisi 1533
17 Juli 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1533

Sebagian anak sangat menunjukkan powernya di rumah, tetapi begitu berhadapan dengan orang lain, malah menciut. / Foto : Istock

NOVA
Jago kandang adalah sebutan untuk anak yang nampak aktif di rumah, tetapi berubah menjadi pasif saat di luar rumah. Misalnya, di sekolah. Biasanya anak jago kandang memiliki rasa ingin tahu yang besar dengan banyak bertanya dan energik saat di rumah, tetapi di sekolah ia menjadi anak yang pendiam dan menyendiri.

Biasanya penyebab utama anak memiliki persepsi yang keliru tentang lingkungan sosial di luar rumah. Anak merasa dirinya tidak aman atau merasa terancam saat berada di luar rumah. “Lebih banyak faktor eksternal yang jadi penyebabnya. Seperti pola asuh, misalnya.

Khususnya gaya komunikasi orang tua dan keluarga, stimulasi atau rangsangan terhadap rasa percaya diri dan ketrampilan sosial. Sedangkan penyebab faktor internal biasanya lebih kepada gangguan fisiologis seperti gangguan pendengaran sehingga anak memiliki keterbatasan untuk berbicara dan memilih diam saat berada di luar rumah.

Menghadapi anak seperti ini, orang tua harus memberikan kepada anak kesempatan untuk mengekspresikan dirinya. Agustina, M.Psi, psikolog dari Universitas Tarumanegara, mengatakan, “Kadang-kadang orang tua merasa buah hatinya masih anakanak hingga lebih suka mengatur dengan berbagai larangan.”

Padahal, tandas Tina, ”Terhadap anak seharusnya orang tua memberikan kebebasan mengekspresikan dirinya. Tujuannya tak lain, agar jika terjadi sesuatu pada anak, orang tua jadi tahu di mana letaknya anak mengalami kesulitan.

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI