Tampilkan di aplikasi

Positif negatif utang

Tabloid NOVA - Edisi 1533
17 Juli 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1533

Utang adalah kata yang bagi banyak orang berkonotasi negatif. / Foto : Istock

NOVA
Seperti kita tahu, memiliki utang artinya ada kewajiban yang harus kita bayarkan pada pihak lain. Baik pada seseorang ataupun lembaga keuangan. Berbagai kasus yang terjadi di masyarakat banyaknya orang yang berutang dan tidak mampu membayar, akhirnya mengalami masalah dan harus kehilangan barang-barang miliknya seperti kendaraan bahkan rumah.

Inilah yang membuat trauma bagi orang itu sendiri ataupun menimbulkan kekhawatiran bagi orang lain yang melihat kejadian tersebut. Akan tetapi di balik hal negatif tentang utang, sebenarnya ada juga sisi positif yang dimiliki oleh utang.

Coba kita bandingkan sisi negatif dan positif utang, supaya kita bisa melihat secara jelas dan mengambil sisi positifnya agar bisa bermanfaat bagi kehidupan kita. Saat kita tidak memiliki uang, maka keinginan untuk membeli barang barang lebih tertahan.

Enggak ada uangnya, ya, tidak membeli apa-apa. Tapi saat ada yang menawarkan utang, atau ada kesempatan untuk bisa berutang, maka garis tipis antara “kebutuhan” dan “keinginan” menjadi hilang. Sesuatu yang awalnya tidak kita butuhkan, menjadi sebuah kebutuhan, karena adanya kesempatan untuk berutang.

Awalnya tidak ingin mengganti handphone, tiba-tiba, ada saja alasan untuk mengganti handphone, karena bisa dibeli dengan utang melalui kartu kredit, itulah contohnya. Kesempatan yang ada untuk berutang inilah yang mendorong tingkat konsumtif kita menjadi lebih tinggi.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI