Tampilkan di aplikasi

Mengenali potensi anak sejak dini

Tabloid NOVA - Edisi 1532
17 Juli 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1532

Mengetahui potensi anak sejak dini, akan membuat kita bisa mengarahkan, memotivasi, dan mengembangkannya. / Foto : Istock

NOVA
Hal-hal terbaik pasti diinginkan setiap orang tua terhadap anaknya. Namun, harus disadari tak mungkin ada anak-anak yang sempurna. Tapi paling tidak memiliki banyak kemampuan sehingga bisa mandiri tanpa tergantung pada orang tua. Potensi adalah kemampuan bawaan yang ada dalam diri seseorang.

Misalnya, ada yang memiliki potensi unggul di bidang fisik. Sementara yang lain kecerdasan intelektual dan emosinya yang menonjol.” Orang tua bisa mengenali potensi tersebut. Cara paling mudah adalah dengan melakukan pengamatan terhadap perilaku dan kebiasaan yang dilakukan anak seharihari.

Misalnya, anak yang memiliki potensi unggul dalam fisik, umumnya senang bergerak aktif, memiliki keseimbangan fisik, dan mudah melakukan aktivitas fisik. “Sehingga orang tua bisa saja mengarahkan anak pada bidang olahraga atau seni gerak tari.”

Dengan mengetahui potensi anak, maka akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengembangkan dan mendorong anak untuk mengembangkan kemampuannya. “Anak akan tumbuh menjadi anak yang memiliki harga diri yang positif. Bahkan anak pun akan mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan kemampuan dasar yang ia minati.

"jelas perempuan yang akrab dipanggil Ayank ini. Namun, ada juga kendala sehingga orang tua tidak tahu potensi anaknya. “Biasanya orang tua kurang peka terhadap kebiasaan anak yang mengarah pada potensi yang dikuasainya, misalnya saja orang tua terlalu sibuk dan abai terhadap anak.”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI