Tampilkan di aplikasi

Curhat calon jamaah First Travel

Tabloid NOVA - Edisi 1539
6 September 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1539

Tak sedikit mereka yang terancam gagal diberangkatkan umroh adalah yang telah menabung puluhan tahun. / Foto : Irwan Rismawan / Tribunnews

NOVA
Berangkat umrah telah lama menjadi dambaan Rani Anggraini. Apalagi perempuan 41 tahun ini sejak usia delapan menderita lupus. “Sebelum pergi haji, aku ingin umrah dulu. Suatu kebanggaan bisa menginjakkan kaki di negara tempat kelahiran agamaku. Mudahmudahan menjadi jalan untuk makin mendekatkan diri pada Tuhan,” harapnya saat itu.

Namun dalam mewujudkan mimpinya itu tak semudah yang ia bayangkan. Beberapa rintangan sempat dihadapi. Diawali pada awal 2016 lalu. “Uang hasil menabung beberapa tahun terakhir dari hasil jerih payahku bekerja di sebuah bank swasta terpaksa digunakan untuk hal lain. Sedianya uang itu digunakan untuk biaya umrah aku, suami, dan ibuku.

api sejak didiagnosa menderita kanker payudara, akhirnya terpakai untuk kemoterapi dan pengobatan lain, termasuk untuk penyakit lupusku,” cerita warga Cakung, Jakarta Timur ini. Namun Rani kembali tersenyum. Jalan menuju tanah suci, dirasanya kembali mendekat. Para kerabat yang iba melihat keadaan Rani sepakat untuk membiayainya pergi umrah.

“Mereka memang telah lama tahu jika aku kepengin banget umrah. Namun, sejak kanker ini menyerangku, secara finansial aku tak lagi mampu. Aku terpaksa berhenti bekerja. Begitu pun suamiku, yang juga melepas pekerjaan hanya demi merawatku Makanya mereka bantu membiayaiku agar mimpi ini terlaksana,” lanjutnya.

Menurut Rani, 22 orang keluarga besarnya memang merencanakan umrah bersama. Akhirnya pada Maret 2016, dirinya ikut didaftarkan ke First Travel untuk menjadi calon jamaah umrah. “Walau dibiayai, aku merasa enggak enak karena tidak pakai uang sendiri. Dari situ, aku berniat mengganti uang mereka, walaupun dengan mencicil.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI