Tampilkan di aplikasi

Desa adat Wae Rebo, tamu disambut upacara adat dan kentongan

Tabloid NOVA - Edisi 1546
12 Oktober 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1546

Desa Adat Wae Rebo pernah dinobatkan sebagai desa terindah tahun 2012 versi UNESCO. Namun, perjalanan menuju ini tidaklah mudah. Jalan setapak yang menanjak, dengan jurang yang dalam di sisinya, membuat napas tersengal-sengal. / Foto : Ricky Martin

NOVA
Desa adat Wae Rebo berada di Kecamatan Satarmese Barat Manggarai Barat, Flores Nusa Tenggara Timur. Lokasi desa ini berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Desa ini dihuni 33 keluarga dan merupakan generasi ke-18. Konon, menurut cerita penduduk setempat, orang-orang Wae Rebo adalah keturunan Suku Minangkabau. Mereka merantau dari Minangkabau lewat laut dan mendarat di Flores.

Sebenarnya tak tampak tanda yang menunjukkan bahwa mereka keturunan Suku Minang. Hanya ada sebuah simbol tiang tanduk kerbau di salah satu rumah adat utama yang bernama rumah gendang. Tiang tanduk kerbau itu disebut Ngando. Dahulu, Desa Adat Wae Rebo ini belum ada. Empu Maro, yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Wae Rebo, tinggal berpindah-pindah.

Dialah yang mendirikan Wae Rebo. Begitu yang dikatakan Kak Silus, salah satu penduduk Wae Rebo. Katanya Empu Maro bermimpi, dan dalam mimpinya dia diminta mendirikan Desa Wae Rebo. Nah, sejak itulah Empu Maro tinggal dan menetap di Wae Rebo, hingga dilanjutkan keturunannya saat ini. Empu Maro meninggalkan warisan budaya yang indah. Desa yang berada di lembah pegunungan ini memiliki 7 rumah kerucut. Rumah-rumah ini namanya Mbaru Niang. Niang sendiri artinya ibu.

Rumah itu beratapkan anyaman ijuk dan ilalang. Jumlah 7 rumah melambangkan 7 arah mata angin dari puncak-puncak gunung yang mengelilingi desa ini. Rumah utama dinamakan Niang Gendang. Sedangkan yang lainnya disebut Niang Gena. Rumah Gendang itu diameternya 14 meter. Tinggi tiang utamanya 15 meter dan bertingkat 5. Tingkat pertama dinamakan tenda. Terdiri dari kamar, dapur, dan ruang utama. Tiang kedua namanya Lobo.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI