Tampilkan di aplikasi

Fibrilasi Atrium, kencangnya degup si jantung

Tabloid NOVA - Edisi 1548
23 Oktober 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1548

Jangan anggap remeh degupan jantung Anda. Irama yang cepat bisa bikin fatal.

NOVA
Biasanya jantung yang berdegup kencang terjadi karena berolahraga, terkejut atau, bertemu dengan orang yang disayangi. Akan tetapi jika jantung berdegup kencang tanpa sebab, wah, Anda musti waspada, nih! Bisa jadi Anda sedang mengalami kelainan irama jantung atau biasa disebut dengan Fibrilasi Atrium (FA).

Kelainan ini disebabkan dari gangguan sinyal listrik pada serambi jantung sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Apa akibatnya? Stroke! Walaupun penyebab stroke cukup banyak, namun, gejala pertama seseorang yang terkena FA itu adalah stroke. “Penyebab stroke itu banyak, faktor lainnya juga termasuk hipertensi.

Yang perlu dicatat adalah jika seseorang hipertensi untuk menjadi stroke itu membutuhkan waktu yang lama, bertahun-tahun sampai pembuluh darahnya rusak, gampang pecah atau alirannya terhambat. Tapi kalau orang yang menderita FA cukup 48 jam dia bisa terkena stroke, jadi sangat serius. Makanya 40% penderita FA memiliki gejala pertama itu stroke.

Dia tidak menyadari, tahu-tahu sudah stroke dan ternyata FA,” jelas Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, Sp.JP(K), Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI. Lalu, penanganan seperti apa yang harus dilakukan pada penderita FA? Pengobatan pertama untuk penderita FA adalah mengonsumsi obat.

“Mengonsumsi obat terdiri dari tiga pendekatan. Satu, obat pengencer darah untuk mencegah stroke. Kedua, obat untuk mengendalikan laju supaya tidak cepat. Ketiga, obat untuk mengembalikan irama FA ke irama normal lagi,” jelas Yoga.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI