Ajarkan si kecil "Nge-date" sejak dini

Tabloid NOVA - Edisi 1551
15 November 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1551

Anda tentu tak ingin si kecil nanti jadi susah bergaul di saat ia besar, kan? Tapi bagaimana cara yang tepat? / Foto : iStock, Dok. Pribadi

NOVA
Jangan hanya kita yang rajin ngumpul bareng teman-teman. Tapi, si kecil kita bahkan yang baru 2 atau 3 tahun pun perlu ngumpul juga lho. Itulah yang disebut dengan playdates. Menurut Astrid Wen, M.Psi., psikolog di PION Clinician and Theraplay, playdates bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dengan cara yang menyenangkan.

Dengan mengajak anak untuk berkumpul dan bermain bersama anak seusianya, si kecil diharapkan akan membangun ikatan atau relasi dengan orang di luar keluarga intinya. Karenanya, “Aku sering mengajak anakku untuk playdates bareng teman-temannya. Senang rasanya melihat mereka main bareng. Di sekolah, kan, waktu mainnya enggak bebas semau mereka karena ada jadwal sekolahnya,” ujar Alfa Fithriya, seorang ibu rumah tangga.

Melakukan playdates pun tidak harus dengan teman-teman sekolahnya. Hal itu bisa dilakukan juga dengan sepupu dari keluarga besar, atau bahkan tetangga di sekitar rumah. Selain itu, untuk mewujudkan playdate yang menyenangkan tidak perlu sampai harus mengeluarkan biaya dalam jumlah besar.

“Playdates yang murah belum tentu tidak seru, yang penting kita bisa mengemas kegiatannya menjadi lebih fun. Misalnya minggu ini melakukan playdates dengan tetangga di taman kompleks. Atau justru di rumah salah satu tetangga. Bisa juga dengan olahraga bersama, seperti ikut car free day. Yang terpenting anak-anak bisa saling bertemu dan bermain bersama,” ujar Astrid. Lalu sejak usia berapa anak sudah bisa diajak playdate?

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI