Tampilkan di aplikasi

Kue artis mulai meredup, kue tradisional bakal dicari

Tabloid NOVA - Edisi 1554
7 Desember 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1554

Sejak akhir tahun 2016 hingga 2017 banyak sekali perubahan terjadi di industri kuliner Indonesia. Salah satunya yang tengah menjadi topik hangat adalah bermunculan oleh-oleh makanan dengan menggunakan strategi branding dari nama selebriti Tanah Air / Foto : Ricky Martin

NOVA
Kehadiran “oleh-oleh artis” ini membuat masyarakat begitu heboh, sampai -sampai mereka pun rela antre berjam-jam. Generasi milenial bahkan berlomba-lomba untuk mengabadikan momen mereka saat membeli sajian khas tersebut ke dalam media sosial.

Fenomena ini memang begitu menggelitik. Mengingat buah tangan tersebut dibuat oleh selebritas papan atas yang selama ini jarang terlibat di dunia kuliner. Tapi siapa sangka kehadirannya begitu disambut masyarakat luas.

Mereka tak hanya menawarkan produk dengan branding nama, tetapi juga menyuguhkan varian jenis kuliner baru. Beberapa di antaranya bahkan bersaing memboyong varian kuliner mancanegara untuk bisa dicicipi masyarakat di Indonesia.

Selain itu, kue oleh-oleh khas yang tersebar di 17 kota tersebut rupanya juga dijadikan strategi promosi pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Sebab, turis kekinian memang rela traveling agar tidak ketinggalan zaman.

Hanya saja, kue artis ini diprediksi hanya sementara bahkan akan redup di 2018 karena beberapa dari mereka tidak mempertahankan cita rasa dan originalitas kuenya. Manfaatkan nama Tenar Meski cita rasa produk khas lokal mampu membuat lidah rindu, sudah rahasia umum bahwa selama ini kemasannya dirasa kurang menarik.

Itulah yang membuat kurangnya minat beli masyarakat, apalagi generasi milenial yang mencari oleh-oleh khas dengan kemasan modern dan instagrammable. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh si pembuat kue. Hanya bermodal kemasan menarik, nama unik, dan artis sebagai brand ambassador, produk pun sudah laku.

“Sekarang masyarakat lebih tertarik untuk mencari makanan modern, dari mulai kemasan hingga variannya,” jelas Arie Parikesit sebagai pakar kuliner. Wajar saja ketika munculnya produk selebriti tersebut, masyarakat begitu heboh, dan mengundang rasa penasaran banyak orang untuk mencicipinya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI