Tampilkan di aplikasi

Agar si rumah baik-baik saja saat kita kembali

Tabloid NOVA - Edisi 1581
7 Juni 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1581

Sudahkah Anda melakukan segala upaya menjaga rumah tatkala akan berangkat mudik beberapa hari lagi? Jika belum, perhatikan langkah-langkah berikut. Jikapun sudah, jangan malas untuk mengabsennya kembali.

NOVA
Mudik Lebaran adalah hal yang sangat menyenangkan. Siapa yang tak setuju dengan hal ini? Memang mungkin kita akan bermacet-macetan jika mudik dengan mobil. Ini tentu teramat menyusahkan. Kalau menggunakan bus, kereta, atau pesawat, mungkin masih lebih nyaman.

Akan tetapi, jika membayangkan diri akan bertemu dengan sanak saudara dan orangtua di kampung halaman, lalu menyantap opor atau rendang bersama, nikmat mana yang bisa kita dustakan? Anak-anak tercinta pun akan bahagia bertemu dengan kakek-neneknya, bukan? Namun jangan sekali-kali Anda lupa.

Ada rumah yang akan Anda tinggalkan dalam beberapa waktu ke depan. Tentunya akan jauh lebih aman bila ada orang yang akan menjaga rumah Anda selama ditinggal. Tapi, bagaimana kalau tidak ada? Sudahkah Anda mempersiapkan segala sesuatu agar si rumah tak kenapa-kenapa saat ditinggal?

1. Agar Kelabang Tak Mengusik “Dari segi arsitektur, sih, paling kita mulai dari sanitasi dulu, deh. Saluran pembuangan atau bak mandi misalnya, ditutup saja. Biar enggak dinyamukin atau ada serangga-serangga kecil yang muncul,” terang Muhammad Adytiawan Hidayat, salah satu arsitek yang bernaung di bawah Julian Palapa Architect.

Kamar mandi yang biasanya lembap, akan menjadi kering bila tak terpakai dalam waktu yang lama. Nah, kamar mandi yang kering ini sebagaimana telah dibahas dalam edisi sebelumnya sejatinya bakal mendatangkan cacing, kelabang, atau serangga lain yang berupaya mencari kelembapan. Untuk itu, ada baiknya kita menutup segala saluran air di kamar mandi atau bak mandi itu sendiri (kalau ada).
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI