Tampilkan di aplikasi

Rumah dan kantor jadi satu? Begini membuatnya tetap padu

Tabloid NOVA - Edisi 1583
4 Juli 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1583

Untuk menghemat bujet, tak sedikit pengusaha yang memutuskan membuat area kantor di rumah tinggalnya. Lantas, apabila Anda ingin meniru ide efektif ini, apa yang harus Anda perbuat terhadap rumah dan kantor Anda kelak? / Foto : dok. tabloid rumah

NOVA
Ada rumah tinggal yang merangkap rumah makan, ada rumah tinggal yang turut merangkap kos-kosan. Dan saat kini semakin banyak startup bermunculan, semakin banyak pula pengusaha yang menyatukan fungsi kantor dan rumah tinggal di dalam satu bangunan.

Apakah wajar? Tentu saja. Malah, hal ini sejatinya jadi bukti, betapa rumah tinggal kita sebetulnya bisa memiliki fungsi “komersial” lain. Hanya saja, jika tak dirancang dengan baik, rumah yang dibuat “multifungsi” ini tentu tak akan cantik dan membuat nyaman sang penghuni.

Sebaliknya, ketika kita mampu merencanakan pembangunan rumah yang juga nantinya bakal berfungsi sebagai kantor dengan baik, maka lingkungan keduanya—rumah dan kantor akan menjadi nyaman.

Keuntungan tak kasat matanya, kita tentu jadi lebih hemat bujet karena tak perlu sewa kantor di ruko atau di gedung tinggi yang biayanya jelas relatif mahal. “Secara pribadi, aku pernah bekerja di (bangunan) yang bawahnya kantor dan di atasnya rumah. Keuntungannya untuk si owner, dia lebih hemat bujet. Dia bisa lebih menyatukan pengeluaran kantor dan rumah, dibagi dua.

Mungkin dia merasa bujetnya kebesaran (kalau dipisah), jadi kalau kantor dan rumah disatuin bisa dibagi. Untung pula dari segi efektivitas waktu. Dia enggak perlu pergi terlalu jauh dari rumah ke kantor,” jelas Rica J. Ishak, desainer interior prinsipal dari Studio Satu.

Sayang, pada akhirnya ruang privasi Anda harus rela dibagi. Sebab bagaimanapun juga, sifat mendasar dari rumah tinggal, kan, adalah privacy-nya. “Bisa saja suatu saat, kalau kantornya lembur, rumahnya harus lembur juga sampai pagi,” kata Rica.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI