Tampilkan di aplikasi

Pilek di pagi hari, sesungguhnya mudah diatasi

Tabloid NOVA - Edisi 1583
4 Juli 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1583

Jika tak juga sembuh, jangan salahkan obatnya. Tapi, salahkan diri sendiri yang malas bersih-bersih rumah. / Foto : ISTOCK

NOVA
Saat bangun tidur di pagi hari tak selalu menyegarkan bagi semua orang. Buktinya, Mela (31) justru selalu mengeluh. “Aku, tuh, setiap pagi pilek. Bersin melulu. Bersinnya enggak sekali dua kali, tapi berkalikali. Aku sampai dijuluki si boros tisu, karena aku bisa banget pake berlembar-lembar tisu setiap pagi untuk buang ingus,” keluh Mela.

Dulu Mela menganggap dia terkena flu, tapi sudah minum obat pun enggak sembuh-sembuh. Akhirnya Mela pasrah. Pilek setiap pagi yang selalu dialaminya semenjak duduk di bangku sekolah itu pun, dianggapnya sebagai rutinitas yang harus dilalui olehnya. “Ya, akhirnya aku diemin saja. Nanti kalau udah siang juga sembuh sendiri,” kata Mela.

Karena sudah menganggap gangguan rutin pagi hari, Mela pun tidak pernah konsultasi ke dokter. Hingga satu hari, saat terpaksa memeriksakan diri, Mela divonis: terkena rhinitis alergi. “Jadi, di dalam rongga hidung terjadi peradangan yang disebabkan oleh sesuatu yang menyebabkan alergi,” jelas dr. Nurrahmi Aisyah, General Practitioner Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, atas penyakit yang diderita Mela. Wah, berbahayakah gangguan kesehatan itu?

1. Penyebab Alergi Rhinitis merupakan alergi. Namun sering kali tidak disadari, karena gejala yang ditimbulkan mirip dengan pilek atau influenza. Seperti munculnya cairan hidung berwarna jernih, hidung tersumbat, dan bersin berulang. “Sekali bersin bisa sampai lebih dari lima kali. Karena hidung berair, hidung akan tersumbat—hilang timbul atau menetap.

Hidung, telinga, dan langit-langit mulut juga akan terasa gatal jika alergi ini kambuh,” jelas dr. Ami. Secara umum, pemicu utamanya adalah alergi terhadap suhu dingin atau udara dingin. Namun, karena reaksi sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap alergen (sesuatu yang menyebabkan alergi) berbeda-beda, maka pemicunya pun bisa beragam. Seperti debu, bulu hewan, serbuk bunga, bahkan tungau.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI