Tampilkan di aplikasi

Pesona cahaya rumah, bak hotel bintang lima

Tabloid NOVA - Edisi 1589
9 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1589

Pemanfaatan jendela dan pintu kaca membuat pencahayaan ruang menjadi lebih dramatis, baik siang atau malam.

NOVA
Kala berlibur ke luar kota atau luar negeri dan kemudian menikmati kamar hotel berbintang, kita tentu bisa mengingat betapa rileksnya kita saat beristirahat di sana. Akan tetapi, tahukah Anda dari mana datangnya rasa nyaman tersebut? Yes, it comes with the right lighting design.

Timbulnya kesan nyaman, hangat, dan dramatis di ruangan hotel berbintang itu tentu tak cuma berasal dari tatanan interior yang baik. Lebih dari itu, ada aspek pencahayaan yang turut ambil andil.

Bisa dikatakan, tata cahaya inilah yang berperan penting dalam menghadirkan kesan-kesan tersebut, sampai akhirnya kita lebih mudah merasa rileks dan nyaman beristirahat. Kita bisa menyebutnya, dramatis. Pertanyaannya, apakah pencahayaan semacam ini hanya bisa kita nikmati di hotel mewah? Jawabannya, tentu saja tidak. Berikut pemaparannya.

Intim dan Dramatis

Pada dasarnya, tata cahaya merupakan elemen terpenting dalam menciptakan ambience sesuai keinginan, termasuk ambience yang romantis, intim, dan tentunya… dramatis. Namun sebelum itu, apa sebenarnya arti dari konsep dramatic lighting itu sendiri? “Dramatis itu sebetulnya adalah bagaimana kita melihat sesuatu yang membuat kita merasakan pandangan yang indah ketika melihat sesuatu.

Dalam hal ini ketika kita capture si lampu, itu dramatis. It can be a beautiful lighting. Dramatis itu, kan, artinya ada cerita. Seperti di sana ada meja, lalu ada lampu yang hanya menyorot ke meja, kita manfaatkan shadow-nya, sehingga terbuatlah konsep yang dramatic dengan intimacy. Fokusnya jadi di sana, di meja itu saja,” terang Robby Permana, CEO LaaS (Light as a Service), salah satu perusahaan lighting specialist yang ada di Indonesia.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI