Tampilkan di aplikasi

Drama menjalin cinta dengan duda

Tabloid NOVA - Edisi 1598
8 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1598

Kata orang, menjalin hubungan dengan duda memiliki sensasi yang berbeda dari biasanya. Eh, apa iya? / Foto : ISTOCK

NOVA
Saat ini menjalin cinta dengan pria yang sudah pernah menikah rasanya bukan hal yang tabu lagi. Namun, tetap bukan suatu perkara yang mudah untuk menjalin hubungan dengan pria yang sudah lebih berpengalaman ini. Pasti ada risikonya. Bahkan bisa jadi lebih besar. Salah satunya adalah soal pengalaman menjalani kehidupan pernikahan.

Pernah berumah tangga, secara tidak langsung akan memengaruhi pola pikir, reaksi emosi, dan perilaku seseorang. Pengalaman yang dibawa bisa saja positif atau negatif, tergantung pada kehidupan rumah tangganya yang terdahulu. Keduanya akan berdampak pada posisi kita sang perempuan baru.

“Jika pengalaman pernikahan sebelumnya negatif maka ada kemungkinan sang duda membawa luka emosi dan mekanismemekanisme pertahanan diri ke hubungan pernikahan selanjutnya. Barangkali dalam situasi relasi yang baru, ia kemudian merujuk ke pengalaman rumah tangganya,” ujar Pinkan Margaretha Indira, M. Psi Psikolog dari Universitas Kristen Krida Wacana dan Psikolog Wellness Indonesia.

Misalnya di pernikahannya terdahulu perpisahan terjadi karena tidak tahan dengan intervensi dari pihak mertua. Di relasi yang baru sangat memungkinkan dia menjadi sensitif dengan usulan atau masukan dari pihak calon mertua.

Sebaliknya, jika pengalaman sebelumnya positif, misalnya berpisah karena istri meninggal, maka hal ini menjadi tantangan dan tekanan tersendiri bagi kita untuk dapat masuk di kehidupan sang duda. Mungkin saja kita dituntut untuk bisa mengisi standar seperti mendiang istrinya. Akibatnya, rasa tidak diterima, karena dibayang-bayangi oleh sosok mendiang istri.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI