Tampilkan di aplikasi

Beli mobil bekas tak lagi waswas

Tabloid NOVA - Edisi 1606
30 November 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1606

Beli mobil bekas? Tentu bukan masalah. Tapi perhatikan beberapa hal penting agar mobil tetap aman dan nyaman saat dikendarai. / Foto : DOK.PRIBADI, ISTOCK

NOVA
Memang tak mudah bagi kita yang masih awam soal seluk-beluk mobil, sementara kita pengin beli mobil bekas yang berkualitas. Namun bukan berarti enggak mungkin, tentu saja asal kita mau sedikit teliti. Menurut Sony Susmana, Chief Instructor Safety Driving punya beberapa tips yang bisa kita lakukan jika ingin beli mobil bekas yang aman dan layak pakai.

“Tentu di kalangan perempuan, belum banyak yang paham betul tentang dunia otomotif. Apalagi kalau mereka mau beli mobil bekas dengan kualitas yang masih prima. Tentu ini memerlukan tahap pengecekan yang ekstra hati-hati dan teliti. Tapi jangan khawatir soal rumitnya proses tersebut, karena ada tips simple-nya, kok,” kata Sony kepada NOVA.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek bagian eksterior mobil. Lihat keadaan catnya, masih bagus tidak. Lihat juga, banyakkah goresan pada bodinya? “Karena kalau bagian bodinya kurang bagus, biaya perbaikannya lumayan mahal,” sahut Sony.

Komponen Mobil. Selain teliti melihat cat bodi mobil, kita juga tak perlu ragu untuk menanyakan apakah mobil yang mau dibeli sudah pernah ganti ban atau belum kepada penjual. Hal ini penting, karena kalau dalam tiga tahun belum pernah diganti, maka bisa dikatakan jika si pemilik sebelumnya menggunakan mobil itu dengan apik. Tapi kalau sudah pernah diganti, artinya pemakaiannya kasar.

“Kalau begini, kan ketahuan. Jika cara pemakaian sebelumnya tidak apik, takutnya akan berpengaruh buruk pada komponen mobil lainnya,” ungkap Sony. Lalu, Sony juga menyarankan supaya kita tak lupa mengecek bagian interior mobil. “Cobain setirnya. Ini penting, karena kalau setirnya sudah enggak enak bisa menyulitkan ketika dikemudikan. Coba saja gerakkan setirnya. Kalau sudah tidak enak, pasti terasa.”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI