Tampilkan di aplikasi

Jangan sampai infeksi saat menstruasi

Tabloid NOVA - Edisi 1612
11 Januari 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1612

Kesehatan wanita, terutama kesehatan dan kebersihan vagina wajib untuk dirawat dan dijaga. Apalagi ketika tamu bulanan datang, kudu ekstra merawatnya. Salah-salah malah jadi bahaya.

NOVA
Saat siklus haid menghampiri, vagina akan lebih rentan untuk terkena berbagai serangan bakteri dan jamur yang bisa menimbulkan infeksi pada vagina. Maka dari itu Anda harus ekstra menjaga kebersihan vagina saat sedang menstruasi. Sebenarnya di daerah vagina memang terdapat banyak bakteri. Salah satunya bakteri baik seperti lactobacillus.

Lactobacillus sendiri menghasilkan asam laktat untuk membantu menjaga pH di area vagina tetap normal dengan tingkat keasaman antara pH 3,8- Sayangnya jika ada bakteri baik berarti di sana juga terdapat bakteri jahat. Nah, bakteri jahat inilah yang jika tidak ditangani dengan benar, kemungkinan besar akan menyebabkan infeksi pada organ intim Anda.

Asal tahu saja, pada saat menstruasi datang, darah menjadi makanan yang dirasa paling nikmat oleh bakteri, terutama para bakteri jahat. Sehingga mereka akan merasa nyaman untuk bersarang dan berkembang biak. Bisa Memicu Berbagai Penyakit Jika Anda malas untuk menjaga dan membersihkan vagina saat haid datang, beberapa risiko infeksi bisa menyerang. Biasanya ditandai dengan perasaan yang tidak nyaman, gatal di area vagina, bau tidak sedap, bahkan rasa nyeri saat haid. Jika terus-menerus disepelekan, bukan tidak mungkin penyakit yang lebih parah akan datang.

“Ada komplikasi yang sering dilupakan. Bisa jadi ada infeksi di saluran dalam vagina yang bisa merambat dan nempel. Jadi, bisa menyebar juga ke organ yang lainnya. Selain itu infeksi juga bisa menjadi pintu masuk HPV, virus penyebab kanker serviks dan bisa mengganggu kesuburan. Ya, memang enggak mungkin 1 atau 2 bulan terlihat dampaknya, tapi kalau selalu ditumpuk dan disepelekan, 10 sampai 15 tahun lagi bisa kena,” ujar dr. Bram Pradipta, SpOG., Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan Rumah Sakit Gading Pluit.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI