Tampilkan di aplikasi

Susu almon sudah sehat, bisa buat diet juga

Tabloid NOVA - Edisi 1621
15 Maret 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1621

Yuk, minum susu almon tanpa takut jadi gemuk.

NOVA
Siapa bilang diet tak boleh minum susu? Yuk, minum susu almon tanpa takut jadi gemuk. Di tengah serbuan makanan dan minuman kemasan, saat ini banyak orang yang ingin menerapkan pola makan sehat. Kalau sayur dan buah, mungkin sudah banyak yang paham manfaatnya. Tapi kini ada tren baru, mengonsumsi susu almon. Bahkan ada yang bilang, susu almon bisa menurunkan berat badan.

Benarkah? Ya, jenis kacang yang satu ini selain nikmat dijadikan camilan sehat, nyatanya juga bisa diolah menjadi susu berkhasiat. Walaupun kadar protein dan kalsium yang terkandung dalam susu almon memang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Banyak Kandungan Nutrisinya Asal tahu saja, dalam 100 gram susu almon hanya terkandung 4,2 gram protein dan 104 mg kalsium. Sedangkan susu sapi sebanyak 8,2 gram protein dan 125 mg kalsium.

Meski begitu, susu ini banyak memiliki kandungan nutrisi lain yang tersimpan dalam tiap tetesnya yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Terlebih sangat bermanfaat bagi mereka yang alergi dengan laktosa, tak suka susu, alergi, dan vegetarian. “Susu almon ini mengandung kalsium, vitamin D, vitamin B, zat besi, magnesium, dan serat yang tinggi. Susu ini juga kan bebas laktosa, sehingga aman untuk orang yang intoleransi laktosa. Ditambah susu ini juga bebas kolesterol dan bermanfaat untuk kesehatan tulang, dan memenuhi asupan serat harian,” ujar dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK., spesialis gizi Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah.

Soal asupan harian, ternyata kadar kalori yang dimiliki oleh susu almon jauh lebih rendah dibandingkan susu sapi. Sekitar 50 persen lebih rendah. Nah, tentunya ini kabar baik bagi Anda yang berniat atau sedang menjalankan program diet yang sehat. “Susu almon, kan, termasuk tinggi serat dan rendah kalori. Nah, rasa kenyang setelah minum ini akan bertahan lama sehingga bisa membantu menurunkan asupan makan,” jelas dr. Raissa.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI