Tampilkan di aplikasi

Diego dan Marlies, jelajahi dunia dengan pedal dan bawa pesan

Tabloid NOVA - Edisi 1623
29 Maret 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1623

Diego dan Marlies di jalanan Turki.

NOVA
“Merupakan hal yang mudah untuk terbang dengan pesawat dari A ke B. Tapi, apakah itu benar sebuah perjalanan? Kamu berpindah kisah ke kisah lain tanpa perpindahan perlahan dan mengesankan. Artinya kamu benar-benar melewatkan perubahan penting pada masyarakat, budaya, bentang alam, dan… makanan. Sungguh disayangkan, apalagi aspek yang terakhir. Saat berpergian, pergilah dengan hati (dan perut!) dan bukan dengan kemampuan masa kini untuk terbang.”

Itulah kalimat menarik yang tertuang dalam sebuah foto berlatarkan pemandangan Iran pada pameran “Everything in Between” yang disuguhkan Diego Yanuar dan Marlies Fennema, dari perjalanan panjangnya mengayuh pedal sepeda dari Belanda ke Indonesia, selama satu tahun. Bagaimana bisa dua manusia menempuh jarak 12.000 km, melalui 23 negara, dengan semangat yang membara? Kepada Tabloid NOVA, Diego dan Marlies menceritakan kisahnya.

Belanda-Indonesia bukan hal asing di telinga pasangan yang telah menjalin cinta beda negara selama kurang lebih 5 tahun lamanya, Diego Yanuar dan Marlies Fennema. Dua tahun pertama Diego bahkan sering bolak-balik Belanda-Indonesia demi mengunjungi kekasih hatinya. Enggak jarang Marlies juga melakukan hal sama. Meski dua tahun berikutnya Diego memutuskan untuk tinggal di Belanda untuk melanjutkan pendidikannya di HAN University.

Namun, jarak yang terbentang antar keduanya cukup jadi penghalang untuk menggugurkan rindu, bahkan perjalanan dengan menggunakan burung besi nyatanya enggak membuat mereka puas hati. Apa sih sebenarnya yang dicari? Rupanya perjalanan menggunakan pesawat membuat Diego dan Marlies yang punya jiwa petualang sadar, bahwa banyak hal yang mereka lalui tapi hanya bisa menunggu dan berdiam diri di dalamnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI