Saat dipanggil ke sekolah karena anak bermasalah

Tabloid NOVA - Edisi 1637
8 Juli 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1637

Tak gampang berhadapan dengan situasi saat kita dipanggil ke sekolah karena anak kita bermasalah. Bawaannya pengin langsung saja memarahi si kecil.

NOVA
Selama anak sekolah, pernahkan Anda mendapat catatan atau bahkan dipanggil datang ke sekolah oleh guru si kecil? Hmm, jika dipanggil untuk menerima hasil prestasi yang baik, sih, tentu kita bangga. Tapi, bagaimana jika dipanggil ke sekolah karena si kecil kesayangan kita mendapat masalah di sekolahnya?. Kaget? Pasti. Marah? Bisa jadi. Apalagi, jika selama ini si kecil terlihat baik-baik saja dan seakan tak ada masalah. Lantas jika sudah begini, bagaimana menyelesaikannya?

1. Ciptakan Rasa Aman Bercerita Seperti kita tahu bahwa di sekolah, anak tidak hanya belajar atau mengerjakan ujian lalu pulang. Namun, ia juga bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Nah, hal ini membuat anak bisa saja mengalami masalah, bukan hanya urusan akademik tapi juga pergaulan dengan teman-temannya. Ya, mungkin anak kita baik-baik saja, tapi lingkungan bisa saja membahayakan dan mengkhawatirkan.

Jika si kecil kadung terlibat suatu masalah di sekolah, langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mengetahuinya adalah membuatnya bercerita dan mendengarkannya. Nah, untuk bisa membuatnya bercerita, sebagai orangtua Anda harus mengondisikan lingkungan yang nyaman untuk si kecil agar mereka mau bersikap terbuka.

“Orangtua harus menciptakan kondisi yang nyaman buat anak untuk berkomunikasi, untuk terbuka dan memiliki sesuatu yang jujur. Sifat yang jujur artinya kalau ada masalah dia cerita dan dia tidak takut,” ujar Mira D. Amir, Psi., psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Jakarta.

Kenapa harus senyaman mungkin? Tentu untuk menjaga agar tidak terkesan memojokkan si kecil dan menghindarinya untuk bersikap tidak jujur. “Ketika bercerita ada anak yang merasa terancam, akhirnya dia ceritanya juga lebay. Jadi orangtuanya juga tidak sesuai bertindaknya. Anak bisa menjadi manipulatif.

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI