Tampilkan di aplikasi

Olahraga rutin bisa sia-sia, kalo.....

Tabloid NOVA - Edisi 1639
22 Juli 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1639

Bersepedah

NOVA
Olahraga Saja Tak Cukup Banyak orang beranggapan bahwa berolahraga rutin seminggu sekali sudah cukup untuk membuat badan sehat. Padahal, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Bagaimana dengan sisa hari, saat kita tidak berolahraga? Ternyata, walaupun kita sudah berolahraga rutin, tapi kalau di luar waktu olahraga kita duduk diam di depan komputer untuk bekerja, tetap ada risiko yang mengintai.

“Jadi orang yang cuma olahraga sekali seminggu, terus dia bilang, Oh, saya udah olahraga, kok, tapi sehari-harinya kerja delapan jam sehari dan tidak pernah beranjak dari tempat duduk, itu juga tidak bagus,” ujar dr. Sophia Hage, spKO., dokter spesialis kesehatan olahraga.

Kenapa? “Karena terlalu banyak duduk dan diam itu juga bisa menyebabkan peningkatan risiko kesehatan,” sambung dr. Sophia. Yap, alih-alih mendapatkan badan yang sehat dan bugar sesuai impian, Anda malah bisa lebih gampang mengalami gangguan kesehatan.

Misalnya saja serangan jantung dan juga penumpukan lemak di perut jika terlalu lama duduk dan berdiam, karena hanya menunggu akhir pekan untuk melunasi utang bergerak Anda.

Harus Tetap Aktivitas Fisik Nah, untuk itulah Anda mesti aktif melakukan aktivitas fisik setiap harinya di luar jadwal olahraga rutin Anda. Memang, aktivitas fisik dan olahraga itu serupa tapi tak sama. Meski samasama membuat badan bergerak dan mungkin berkeringat, aktivitas fisik dan olahraga adalah dua hal yang berbeda.

Olahraga berarti gerakan badan yang terstruktur dengan tujuan yang spesifik. Ingat, jangan keliru dengan aktivitas fisik yang adalah kegiatan seharihari dengan durasi tertentu yang tergolong ke dalam kegiatan ringan. Misalnya, berjalan kaki dari halte bus ke kantor, merapikan kamar tidur, membersihkan rumah, atau berkebun.

Nah, salah satu perbedaan yang mendasar juga adalah kondisi jantung saat melakukan dua hal ini. “Kalau olahraga itu ada peningkatan denyut jantung atau heart rate.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI