Rekor dunia, ribuan penyelam bentangkan bendera di bawah air

Tabloid NOVA - Edisi 1642
12 Agustus 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1642

Detik-detik peserta melakukam giant step untuk persiapan menyelam.

NOVA
Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, sebuah prestasi membanggakan berhasil diukir. Wanita Selam Indonesia (WASI) baru saja memecahkan dua rekor dunia, yaitu penyelam massal terbanyak dan pembentangan bendera terbesar di bawah air. Kedua rekor yang dicatat dalam Guinness World Records itu dilakukan pada 3 Agustus 2019 di Pantai Megamas, Manado. NOVA beruntung bisa ikut ambil bagian pemecahan rekor tersebut.

Totalnya ada 3.131 penyelam yang ikut berpartisipasi, melebihi target yang sudah ditentukan, yaitu 3.000 penyelam. Rekor dunia penyelam massal terbanyak sebelumnya tercatat dilakukan di Pantai Malalayang Manado pada tahun 2009, dengan jumlah penyelam mencapai 2.465 orang. Sementara itu, rekor terbaru pembentangan bendera terbesar di bawah air diciptakan dengan membentangkan 1.014 meter bendera Republik Indonesia. Rekor sebelumnya dilakukan di Australia pada tahun 2017 dengan membentangkan bendera berukuran 166, 62 meter.

Tentu saja, untuk memecahkan rekor dunia tak mudah, apalagi melibatkan ribuan peserta. “Persiapannya tidak hari ini saja, karena sudah (dilakukan) sejak satu tahun lalu. Kita sudah bersama-sama mendiskusikan, survei, dan melakukan sesuatu agar bisa terlaksana,” kata Tri Tito Karnavian, Ketua WASI yang ikut memimpin kegiatan ini. Lewati Pelatihan Persiapan kegiatan pemecahan rekor memang tak main-main.

Semua peserta, termasuk NOVA harus melewati beberapa tahapan sebelum akhirnya berangkat ke Manado, salah satunya adalah pelatihan khusus untuk menyelam. Karena biar bagaimanapun, peserta harus punya lisensi Open Water dari sekolah menyelam untuk bisa bergabung dalam kegiatan tersebut. O, iya. Pelatihan dilakukan selama sebulan, tentu dengan instruktur yang berpengalaman. Setelah mendapatkan lisensi, WASI mendaftarkan peserta untuk menjadi bagian dalam kegiatan pemecahan rekor Guinness World Records.

Tabloid NOVA dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI