Tampilkan di aplikasi

Suhu panas menggila, awas dehidrasi dan “heat stroke”

Tabloid NOVA - Edisi 1654
4 November 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1654

Berkeringat itu bagus, tapi jangan sampai lupa mengganti cairan yang keluar itu.

NOVA
Suhu panas akhir-akhir ini menjadi teman setia masyarakat Indonesia saat menjalani rutinitas sehari-hari. Berkisar antara 35 derajat Celcius sampai 36,5 derajat Celcius, suhu panas ini berefek pada banyak hal. Selain menimbulkan ketidaknyamanan karena kita selalu berkeringat, suhu panas ini juga meningkatkan risiko kita mengalami dehidrasi sampai heat stroke. Akibat Dehidrasi Saat suhu panas melanda, suhu tubuh juga bisa ikut meningkat.

Akan tetapi, sebenarnya tubuh sudah memiliki mekanisme sendiri untuk mempertahankan suhu di dalamnya agar tetap stabil, sehingga mekanisme tubuh bisa berfungsi secara optimal. Jika suhu di luar ruangan panas melebihi normal, maka tubuh kita akan berupaya untuk mendinginkan dirinya. Bagaimana caranya? Yakni dengan mengeluarkan keringat, dengan harapan suhu tubuh turun, lalu tubuh menjadi dingin kembali dan terjaga kestabilannya.

Karena itu, saat berada di bawah sengatan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, kita akan lebih mudah berkeringat. Apalagi jika permukaan tubuhnya luas dan aktivitasnya banyak, jumlah keringat yang keluar pun akan semakin banyak. Wajar saja. Masalahnya adalah kita sering lupa mengganti cairan yang sudah keluar dalam bentuk keringat tadi.

Dengan keluarnya keringat berarti cairan dalam tubuh lama-kelamaan akan berkurang. Bila tidak segera diganti, kita bisa dehidrasi. “Kalau tidak segera diganti cairan keringat yang keluar itu, bisa memungkinkan terjadinya dehidrasi. Nah, kalau sampai tahap dehidrasi maka akan terjadi gangguan metabolisme pada tubuh seseorang. Dalam hal ini yang paling dipertahankan sekali adalah kondisi otak, jangan sampai terganggu” ujar dr. Boy Abidin, dr. OZ Indonesia.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI