Tampilkan di aplikasi

Indostomus paradoxus

Majalah Nusatic - Edisi 06/2019
20 Maret 2019

Majalah Nusatic - Edisi 06/2019

Indostomus paradoxus

Nusatic
Indostomus adalah salah satu jenis ikan hias air tawar berbentuk unik. Ikan ini banyak ditemukan di myanmar. Ikan berukuran mini ini, hanya mencapai ukuran 3 cm, adalah ikan yang banyak berenang di sadar aquarium. Dengan ukuran yang kecil membuat ikan ini suka berenang di antara akar akan tumbuhan maupun di celah2 batu. alamnya sendiri ikan ini hidup di habitat dengan dasar lumpur.

Oleh karena itu disarankan menggunalan substrat lembut di dasar aquarium, atau bisa juga menggunakan soil. Ikan ini merupakan ikan karnivora, dan menyukai lifefood seperti kutu air, anak udang, atupun cacing sutra. Indostomus termasuk ikan yg mudah dipelihara, hanya saja karena ukurannya, maka lebih baik dipelihara di aquarium kecil. Selain itu ikan ini adalah ikan yang bergerak lambat, jadi penggunaan filter harus disesuaikan, agar tidak terlalu besar dan membuat ikan ini stress.

Dan letakan batu batu, atau kayu kayu, dan tanaman, agak ikan ini merasa nyaman dan berenng kesana kemari. Keperluan parameter air pun cukup mudah, pH air 6,5-8, dengan suhu 22-28 celcius. Indostomus paradoxus sering disamakan dengan indostomus crocodilus yang berasal dari thailand. Memerlukan kejelian saat membeli, karena indostomus paradoxus termasuk jenis yang jarang ditemukan ditoko toko ikan.
Majalah Nusatic di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI