Test drive BMW M2 Coupe

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVI
30 Juni 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 06/XXVI

Mengingatkan M3 asli, M terkecil ini dirancang untuk terus-terusan memberi rasa old school fun.

OTOMOTIF
M selalu digunakan untuk menggambarkan varian terkuat dari sebuah BMW. M5, sudah lama dikenal sebagai sedan yang bisa menjelma dari limosin ke sport car dengan sebuah tombol. Sedang M3, berbadan lebih kecil selalu jadi acuan sedan sport kompak yang paling fun hingga menjadi benchmark. Sekarang? Makin besar dan beratnya M3 kini justru membuatnya makin terarah untuk mengambil tahta M5 dulu, meninggalkan ruang kosong untuk sedan kompak yang all about fun. Karena keabsenan itulah, M2 Coupé lahir.

Meski banyaknya kontroversial yang mengatakan ini bukan M sungguhan karena terlalu banyak faktor, there’s a lot to love sekalinya tombol start/stop engine ditekan Konsumsi Mengitari jalanan macet Jakarta lebih dari 500 km, didapat rata-rata konsumsi bensin 5,8 km/liter. Sejujurnya, tidak ada yang mengagetkan dari angka ini, mengingat performa yang dikeluarkannya. Hanya saja perlu diingat, jenis bahan bakar yang direkomendasikan di fuel cap adalah oktan 98, sedangkan 95 adalah nilai minimum.

So if you want to keep those engine running, jangan coba-coba memasukkan bensin oktan di bawahnya, seperti Pertamax atau Shell Super Karena kunci dari kenikmatan berkendara adalah ringannya bobot, pengurangan beban jadi kewajiban di pesaing Mercedes- Benz CLA 45 AMG ini. Beberapa bahan lightweight dari M4 Coupé ditransfer, seperti sasis, control arms, diferensial aktif dan pelat khusus pada suspensi depan double-joint spring strut. Akibat memakai kaki-kaki dari M4, plus ban berukuran 265/35R19 di belakang, alhasil fender pun terlihat lebih berotot. Bahkan servotronic yang digunakan untuk EPS berbeda dengan BMW biasa, putaran setir pada mode Comfort tidak terlalu ringan, apalagi setelah dipindahkan ke Sport dan Sport+. Damper pada suspensi dibuat fixed. Hasilnya? Menikung selalu jadi pleasure. Bisa dikatakan, M2 benar-benar all about fun.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI