Test ride BMW S1000 XR

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 11/XXVI
4 Agustus 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 11/XXVI

Meskipun berpenampilan adventure, BMW S 1000 XR punya karakter beringas! Ini karena mesinnya merupakan turunan dari superbike BMW S 1000 RR / Foto : Salim

OTOMOTIF
Dalam line up produknya, BMW Motorrad punya GS series yang terbukti paling oke urusan adventure. Tapi menyasar bikers yang doyan performa superbike untuk jalan jauh, ada juga pilihannya. Yup, jawabannya BMW S 1000 XR. Enggak usah ditebak, karena motor ini memang masih satu platform dengan superbike BMW S 1000 RR dan naked bike, S 1000 R. Rangka sama, mesin juga pakai 4 silinder inline, makanya mirip ya? Sampai Indonesia harganya Rp 626 juta off the road, seperti apa rasanya? Berikut ulasannya. Fitur & Teknologi Panel indikatornya sederhana dengan visibilitas sangat baik, font-nya jelas, panel digitalnya juga mudah dilihat meski di siang hari bolong. Tampilannya ada takometer analog, spidometer, odometer, trip A & B, dilengkapi juga dengan shift light. Jika tombol info dipencet maka akan tampil indikator lap timer, suhu mesin, dan suhu udara.

Moge canggih seperti ini pasti sudah pakai throttle by wire, namun sayangnya koplingnya belum hidrolis, masih pakai kabel konvensional, agak keras saat menekannya. Masih di area setang, ada grip heater dengan dua step panas yang bisa dipilih. Di Indonesia, mungkin akan terpakai saat turing ke pegunungan atau ketika berkendara saat hujan. Power mode ada tiga pilihan yaitu rain, road dan dynamic. Di area setang sebelah kiri ada tombol cruise control untuk menahan laju tetap pada kecepatan tertentu. Fitur lainnya, sudah dilengkapi ASC (Automatic Stability Control), DTC (Dynamic Traction Control) dan ABS (Antilock Brake System).

Suspensinya keren nih, teknologinya DDC (Dynamic Damping Control) dengan pusat kontrol ada di panel setang. Ada tiga piihan yaitu road dengan karakter lembut untuk jalan tidak rata dan dynamic dengan karakter yang lebih rigid. Jika tombol DDC ditekan lama akan muncul simbol 1 helm untuk kondisi solo riding, 1 helm dan box dan 2 helm khusus untuk berboncengan.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI