KTM Duke 250, Yamaha MT-25, Kawasaki Z250, Kawasaki Z250SL pertarungan naked

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16/XXVI
8 September 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16/XXVI

Penerapan harga baru KTM Duke 250 membuatnya jadi primadona baru di segmen naked bike 250 cc. Wajar mengingat perubahan banderolnya sangat drastis, dari Rp 69,5 juta jadi hanya Rp 44 juta. Makanya di GIIAS 2016 kemarin laris banget!

OTOMOTIF
Penerapan harga baru KTM Duke 250 membuatnya jadi primadona baru di segmen naked bike 250 cc. Wajar mengingat perubahan banderolnya sangat drastis, dari Rp 69,5 juta jadi hanya Rp 44 juta. Makanya di GIIAS 2016 kemarin laris banget! Dengan harga segitu, Duke 250 menawarkan beragam fitur yang tak dimiliki kompetitor, sebut saja suspensi depan upside down, lengan ayun aluminium, slipper clutch dan lainnya yang membuatnya worthed dibeli, value for money jadi tinggi bro! Seperti apa sih lengkapnya jika dibandingkan dengan kompetitor, yaitu Yamaha MT-25, Kawasaki Z250 dan Z250SL? Berikut kita ulas dari berbagai parameter, apakah Duke 250 jadi yang terbaik atau masih ada yang mengungguli? Simak komparasi berdasarkan hasil test ride yang dilakukan OTOMOTIF.

Desain, Bicara desain, keempatnya terlihat berbeda kendati sama-sama naked bike. Duke 250 tampak berotot dan nyeleneh, karena selain menonjolkan sasis teralis yang dicat orange khas KTM, juga dikombinasi dengan upside down di depan dan lengan ayun “terbalik”. Lalu bodinya cederung berotot namun agak aneh di sisi headlamp yang terlalu menonjol. Keunikan lain dari knalpot yang tersembunyi di bawah atau underbelly exhaust, sehingga sisi kiri kanan jadi bersih tanpa silencer. Yamaha MT-25 juga berkesan berotot, terutama tampak dari desain shroud dan undercowl, namun disayangkan bentuk lampu utama kurang sangar. Sedang belakang mirip R25 hanya dikasih behel.

Sementara Kawasaki Z250 cenderung sangar berkat lampu utama menyipit dan permainan half fairing mirip huruf Z. Sedang Z250SL desainnya serba ramping, tajam dan padat berisi Fitur & Teknologi Kita ulas dari kaki-kaki. Hanya Duke 250 yang menggunakan upside down 43 mm dari WP, terlihat kekar dan sporti. Sementara kompetitor pakai teleskopik biasa, bedanya MT-25 pakai as 41 mm sedang duo andalan Kawasaki hanya 37 mm.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI