MotoGP seri 13, San Marino, hari buruk buat juara dunia

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 17/XXVI
15 September 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 17/XXVI

Para juara dunia yang notabene tengah bersaing dalam perebutan titel juara dunia 2016, kembali menjalani balapan yang buruk.

OTOMOTIF
Para juara dunia yang notabene tengah bersaing dalam perebutan titel juara dunia 2016, kembali menjalani balapan yang buruk. Setelah dalam beberapa race mereka dikecundangi oleh pembalap yang baru merasakan kemenangan di MotoGP, pada putaran ke-13 GP San Marino di sirkuit Misano (11/9), lagi-lagi mereka takluk. Event-event sebelumnya faktor cuaca dan kondisi trek yang berubah ikut andil menentukan hasil lomba, kini kondisinya normal. Dani Pedrosa yang berjudi dengan pemilihan ban, bisa menang dan membuat sejarah sebagai pembalap berbeda dalam delapan balapan berturut-turut.

Peramg mulut Menjalani lomba selama 28 lap di sirkuit berkarakter stop and go dan sulit menyalip ini, kebanyakan pembalap menggunakan ban medium. Strategi berbeda diterapkan tiga juara dunia yang tengah mengincar gelar musim ini. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang menempati posisi start 1-2, memilih ban depan-belakang berkompon medium. Marc Márquez di grid keempat pakai kombinasi kerasmedium. Kedua pembalap Yamaha mendominasi awal lomba dengan Rossi yang mengambil alih posisi terdepan Lorenzo di lap kedua.

Tampaknya Rossi berada di atas angin untuk memenangkan lomba di kampung halamannya setelah berkalikali mencetak fastest lap. Namun Márquez merespon dengan beberapa kali jadi yang tercepat. Kemudian Dani Pedrosa yang start dari grid kedelapan memecahkan rekor fastest lap di lap 14 dan menyalip Márquez. DP26 terus mempertajam waktunya, pada lap 17 ia menyusul Lorenzo.

Pedrosa memburu VR46, dari jarak 0,958 detik jadi 0,242 detik, DP26 akhirnya menyalip Rossi di lap 22. Pembalap tim Repsol Honda itu mendapat kibaran bendera finish pertama dan membuar rekor di MotoGP sebagai pemenang berbeda dalam delapan balapan beruntun. Dimulai dari Lorenzo di sirkuit Mugello, Rossi (Catalunya), Jack Miller (Assen), Márquez (Sachsenring), Andrea Iannone (Red Bull Ring), Cal Crutchlow (Brno), Viñales (Silverstone) dan kini Dani Pedrosa di Misano.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI