All New Honda Jazz RS A/T 2015, ping yang jadi king

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 20/XXVI
18 Oktober 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 20/XXVI

Total waktu hampir setahun dipakai untuk mempersiapkan modifikasi dengan target King

OTOMOTIF
Niat arek Suroboyo ini untuk melakukan modifikasi pol-polan cuma 1. “Ingin jadi King di ajang Honda Jazz Brio Tunning Contest 2016,” tegas Denny ‘Ping’ Kristanto, pemilik Honda Jazz RS keluaran 2015. Baginya, buat apa mengeluarkan biaya yang besar dan enggak buat mengejar gelar tertinggi. Apa yang jadi niat, memang kesampaian. Dari hari pertama kontes mulai digelar, sudah banyak yang memperkirakan gelar tertinggi di kelas Jazz akan digenggam Ping.

Dari 12 kelas penjurian, hampir semua piala dibawa pulang ke Surabaya. Hanya Best Pain & Airbrush Design dan Cutting Sticker Design yang enggak dimenangkan. “Padahal awal mulanya yang dimodifikasi kecil-kecilan saja,” kenang Ping. Pelek Bagian ini yang harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum melakukan ubahan sesuai dengan konsep street racing yang dimau oleh si empunya. “Pelek itu ibaratnya pondasi, jadi harus ditentukan terlebih dahulu apa yang dipasang,” terang Ping. Enggak mau nanggung, pelek diimpor langsung dari Jepang dan barang yang dipesan merupakan special edition. Lebih kurang 1 bulan lamanya menunggu pelek tersebut sampai Surabaya.

Aplikasi pelek yang memiliki lebar 9,5 inci di depan dan belakang 10,5 inci, dikombinasikan big brake kit. Spesifikasi yang dipakai 8 piston dengan cakram berdiamter 380 mm (depan) dan 6 piston dengan cakram 330 mm (belakang). Kaki-Kaki Dipakai untuk kontes dan juga harian, maka Ping memilih menggunakan sistem suspensi udara. Penggunaan pelek lebar, membuat penggunaan air sus butuh pengorbanan. Bagian dalam fender belakang harus dicoak lebih kurang 10 cm. Sementara untuk sisi depannya, dibuatkan dalaman fender dari bahan fiberglass. “Penyesuaian ini, bodi Jazz bisa turun maksimal dengan tekanan udara 0 psi,” ujar Ronny dari workshop R.v.S di Surabaya. Interior Sepertinya Ping ingin memamerkan apa yang dipasang pada kabin Jazz miliknya. Itu terlihat dari pemasangan roll bar custom yang disiram dengan kelir candy green.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI