Honda RC213V-S, galak sejak standar!

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 24/XXVI
7 November 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 24/XXVI

Enggak pakai Racing Sport Kits, seperti apa rasanya motor standar yang harganya Rp 7 Miliar ini?

OTOMOTIF
Sebelumnya, OTOMOTIF berkesempatan mencicipi Honda RC213V-S replika MotoGP versi jalan raya yang sudah dilengkapi Racing Sport Kits buatan Honda Racing Corporation (HRC). Kali ini diundang kembali oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menjajal versi standarnya. Dilengkapi dengan perangkat lalu lintas seperti lampu juga spion. Dan tentunya, enggak pakai Racing Sport Kits yang harganya paketnya Rp 700 jutaan. Nah, seperti apa rasanya motor standar harga Rp 7 Miliar ini? Langsung gas di Sentul International Circuit!

Desain, Meski standar, dari segi desain benar–benar terlihat seperti tunggangan, Marc Marquez. Makin keren, bodinya full carbon Kevlar tanpa cat ataupun pernis. Sehingga warnanya dof, sekilas seperti para pembalap MotoGP yang sedang melakukan uji coba tes pramusim. Keren ya! Pada bagian depan terlihat lampu utama LED, pada MotoGP sesungguhnya atau versi Racing Sport Kits rumah lampu ini jadi corong penangkap angin. Selain headlamp, lampu sein juga ada, tipis dan sudah LED. Uniknya, jika tak diaktifkan, kedua lampu sein depan akan menyala redup sebagai lampu senja.

Setang paling mencolok karena ada spion model bar end. Kendati berada di ujung setang, namun masih mudah memantau kondisi belakang. Panel di setang, yang kanan persis motor balap hanya engine cut off dan tombol starter. Sedang yang kiri persis motor jalanan, ada saklar lampu sein sampai klakson. Anehnya, tombol mode malah terpisah dengan braket tambahan. Spidometer full digital mudah dipantau berkat brightness yang tinggi juga dengan angka yang berukuran besar. “Background spidometer akan menjadi hitam ketika sensor mendeteksi cuaca mulai gelap atau malam, agar tidak menyilaukan pengendara,” ucap Sriyono, Technical Service Division PT AHM. Dari sisi samping rangka twin spar aluminium dan swing arm turunan MotoGP ini jelas terekspos.Begitu juga dengan konfigurasi knalpotnya, persis! Agar tidak merusak estetika, lampu rem dibuat kecil di atas knalpot.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI