New Toyota Yaris Heykers, Yaris paling TRD?

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 25/XXVI
10 November 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 25/XXVI

Pulang dari launching model teranyar Toyota akhir-akhir ini, biasanya penuh dengan kesan tersendiri.

OTOMOTIF
Pulang dari launching model teranyar Toyota akhir-akhir ini, biasanya penuh dengan kesan tersendiri. Contoh All New Kijang Innova yang jadi world premiere, All New Fortuner yang berubah drastis hingga Grand New Avanza-Veloz yang desainnya mengundang banyak kontroversi. Beda rasanya dengan Yaris yang baru mendapat treatment facelift (4/11). Momen ketika Yaris Heykers berjalan keluar dari balik Tirai The Hall di Senayan City, Jaksel, rasanya seperti melihat Yaris yang benarbenar sama dengan yang diluncurkan dua tahun lalu bila seluruh body kit ditelanjangkan.

Bahkan bila tidak melihat hiasan di overfender dan diterangkan di presentasi, OTOMOTIF mungkin tidak tahu New Yaris yang namanya berawal dari kombinasi kata ‘hi’ atau ‘hey’ dengan ‘hiking’ dibuat lebih tinggi, cukup aneh ketika PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak mau mengakui wujudnya sebagai crossover. Terlepas dari apa yang kami pikir soal Vios versi hatchback ini, apa saja yang berubah? Dari luar, ada bumper depan dengan, side skirts, bumper belakang, roof rail, overfender, pelek, spoiler, suspension kit dan stiker Heykers baru. Di dalam, head unit 7 inci baru dengan kemampuan smartphone mirroring.

Apa yang unik? Perhatikan skema gambar yang kami susun di bawah, akan terlihat jelas betapa TAM ingin menekankan Yaris yang desainnya sangat dipengaruhi oleh tim dari Indonesia ini benar-benar versi TRD sejati. Tidak percaya? Hitung saja total tulisan ‘TRD’ tersebut yang tersebar di sekujur bodinya, ada 26 loh! (lihat boks). Berbeda dengan versi New TRD Sportivo, semua body kit ini dibuat untuk menunjukkan sisi gagah dari Yaris. Di depan saja, ada lis plastik hitam baru berbentuk tiga dimensi yang mencuat dari bagian bawah headlights hingga lips. Lis di pintu, roof rail dan spoiler yang tidak seheboh versi TRD pun seakan ingin mengatakan ini bukan sekadar hatchback.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI