Aplikasi suspensi udara ala Vanddicted

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 30/XXVI
20 Desember 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 30/XXVI
OTOMOTIF
Salah satu syarat modifikasi Vanddicted adalah tidak meninggalkan fungsinya sebagai mobil keluarga.

Makanya peranti suspensi udara (air sus) banyak dilirik demi konsep ini.

Kenapa? Ya, lewat aplikasi suspensi ini, makin mudah tampil ceper tanpa ribet dan tidak terlalu mengorbankan kenyamanan. Lalu bagaimana spesifikasi air sus untuk MPV atau van bergaya Vanddicted? “Sebenarnya tidak beda dengan air sus untuk SUV atau hatchback,” terang Raya Irwansyah, pentolan bengkel Akasia, penjual paket air sus berbagai merek ini.

Apalagi buat model global yang dijual di berbagai negara, seperti Honda Odyssey dan Toyota Alphard. “Beberapa merek sudah menyiapkannya dalam bentuk paket kit,” jelas Iwan, panggilan akrabnya.

Lantas bagaimana dengan MPV dan van yang banyak dijual di Indonesia, seperti Kijang Innova, Avanza, Ertiga atau Mobilio? “Semuanya bisa dipasang air sus kok,” kata pria ramah ini. Rata-rata sistem suspensinya sama, biasanya pakai paket air sus strut-bag.

Jadi tipe strut untuk kaki-kaki depan, yang punya konstruksi per dan sokbreker menyatu. Sedangkan tipe bag, biasanya untuk belakang yang sokbreker dan pernya terpisah.

Pun tak perlu ubahan terlalu banyak. “Paling sokbreker depan dicustom untuk dipasangi braket,” terang Andry, pentolan bengkel Japwheels Clinic, Mohammad Ramdan, Bandung.

Walau begitu, ada beberapa penyesuaian pada kendaraan yang ruang sepatbornya sempit, contohnya Odyssey. “Diameter balon diset sekitar 6 inci, upper arm juga di-custom agar air sus bisa optimal,” jelas Andry lagi.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI