Tampilkan di aplikasi

Upaya pemecahan top speed

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31/XXVI
3 Januari 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 31/XXVI

Dorongan tenaga di kecepatan tinggi semakin kencang, pasti karena ada air dam dibalik fairing. / Foto : Salim

OTOMOTIF
Setelah test ride untuk harian (OTOMOTIF 27:XXVI), akhirnya Minggu (18/12) kemarin OTOMOTIF berkesempatan menjajal All New Honda CBR250RR di sirkuit Sentul, Bogor. Target utama ingin memecahkan catatan top speed dan merasakan lebih dalam handling saat di kecepatan tinggi. Namun sayang terhalang cuaca khas Bogor, hujan! Huufff...

Keluar dari pit, riding mode langsung dipindahkan ke Sport+, yang memang cocok untuk gas pol di sirkuit! Memanaskan ban sejenak sambil beradaptasi dengan posisi berkendaranya yang sudah racy, nungging layaknya motor balap sungguhan.

Pelintir gas dalam langsung dilakukan dari tikungan ke-2 menuju tikungan 3, sensasi mesin 250 cc 2 silinder segaris dengan muntahan tenaga maksimal 31,06 dk di 13.300 rpm, yang diukur pakai dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport di Rawamangun, Jaktim sangat luar biasa ganas, apalagi saat peak power, maknyus! Tiap perpindahan giginya serasa motor mengajak rider untuk terus membuka gas secara penuh, nafas enggak ada habisnya! Namun perpindahan terasa cukup sulit jika hanya mengandalkan blipping tanpa kopling. Masuk tikungan engine brake terasa halus, tidak membuat roda belakang mengunci, salah satu faktornya karena perbandingan rasio transmisi yang terbilang close.

Rem depannya masih dirasa mumpuni untuk kebutuhan di sirkuit, tidak perlu menekan terlalu dalam untuk mengurangi laju.

Suspensi depan dan belakang bekerja maksimal ketika di tikungan, “Walaupun masih menggunakan ban standar, motor terasa stabil bangeeettt! Masih cukup mendukung untuk rebah sampai sliding pad menyentuh aspal,” ujar Tester OTOMOTIF.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI