Isle of man TT 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 58/XXVII
3 Juli 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 58/XXVII

Isle of Man TT digelar pertama kali pada 1907 dan merupakan balapan dengan format yang menggunakan jalan raya.

OTOMOTIF
Isle of Man TT Race, merupakan ajang balap tahunan yang diadakan di Isle of man atau Pulau Man di Britania Raya. Pada 2017, bisa dibilang menjadi tahun yang spesial bagi ajang ‘balap lokal’ yang mendunia ini. Sebab kali ini merupakan tahun ke-110 balap jalan raya ini digelar (26/5-10/6).

Sehingga lintasannya juga berdekatan dengan rumah penduduk. Dengan panjang trek 60,72km, para pembalap akan menikmati lintasan lurus cepat dan tanjakan yang membuat motor terbang. Bahkan tak sedikit yang menabrak, atau menyerempet pagar rumah penduduk.

Balap yang rutin dilakukan dari Mei hingga Juni ini mulai didukung pihak pariwisata Inggris pada 1989 dengan menambahkan TT (Tourist Trophy) di belakangnya. Lalu, Isle of Man juga pernah masuk dalam kalender F1 kurun waktu 1977-1990.

Di kelas Senior TT dengan motor Superbike, para pembalap seperti Michael Dunlop (Bennets Suzuki) dan Peter Hickman (BMW Smith Racing) masih menjadi jawara di tiga besar. Kemenangan yang diraih Michael kali ini memang terasa spesial, karena ia bersaing ketat dengan senior-senior di tahun yang spesial.

“Makin spesial karena saya menang dengan Suzuki GSX-R, motor baru yang kami gunakan tahun ini. Tim berhasil membawa kami menang di tahun ke-110 dengan performa mesin yang sangat bagus sepanjang akhir pekan,” ucap pembalap 28 tahun tersebu.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI