Harley-Davidson sportster 1200, 2004

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 55/XXVII
4 Juli 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 55/XXVII

Sistem injeksinya diubah jadi karburator. Lah, kemunduran teknologi dong? Ternyata biar suaranya gahar! / Foto : Indra

OTOMOTIF
Wuih, Sportster 1200 milik Tommy Bryan Langen ini pakai fairing klasik ala cafe racer tapi framenya khas traditional chopper tanpa peredam kejut belakang. Asyik ya! “Ya, motor ini memang penggabungan dua konsep yakni chopper dan cafe racer yang mana kaki-kaki ala chopper dan bodi menganut cafe racer,” bilang Purnama Sultan Dasanugraha builder dari Glanet Radical Kustomwork (GRK).

Motor yang diberi nama ‘Praja Mukti Budi Kancana’ ini tenyata pakai frame rigid olahan Flying Piston Garage. Tapi enggak mentah-mentah dipakai, pria yang akrab disapa Kang Pur ini lakukan rebuild.

“Frame terbuat dari pipa seamless Amerika diameter 3 inch, yang kemudian di-rebuild pada bagian poros roda belakang dan sudut kemiringan komstir menjadi 30º,” jelasnya. Lanjut kaki-kaki, belakang rigid dengan ban diameter 18 inci, yang depan pasang 21 inci. Sedang karakter cafe racer dimunculkan lewat fairing yang dibuat Kang Pur menggunakan pelat galvanis dengan ketebalan 2mm.

“Memang dengan tebal 2 mm agak sulit untuk membuat lekukannya dan bobot pun jadi berat,” bebernya. “Namun ini untuk mengantisipasi sobek jika pakai plat tipis. Kalau masalah berat kan kebantu dengan cc motor yang besar, jadi gak masalah,” tutur Kang Pur yang juga menyematkan setang model clubman, agar makin kental nuansa cafe racer-nya.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI