Kawasaki Versys-X 250 Tourer 2017, berubah jadi pelahap tanah

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 68/XXVII
8 September 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 68/XXVII

“Main adventure gak asyik kalau gak blusukan lahap jalur tanah, biar mumpuni makanya mesti dimodifikasi,” / Foto : Aant

OTOMOTIF
Dalam kondisi standar, Kawasaki Versys-X 250 lebih cocok buat adventure di aspal atau maksimal gravel, mengingat kembangan ban tergolong halus. Kondisi ini ternyata kurang disukai pehobi adventure. “Main adventure gak asyik kalau gak blusukan lahap jalur tanah, biar mumpuni makanya mesti dimodifikasi,” buka Tomy Bramudia, pemilik motor sekaligus bengkel Ngayun Speed di Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Tomy lantas mengganti ban pakai Shinko Adventure Trail e805 yang berkembangan kasar. Pakai ban ini tentunya melahap tanah jadi lebih asyik, ngegrip! Menariknya, Tomy juga ganti pelek pakai TK Japan berkelir hitam dan dikombinasi teromol yang dicat warna senada, kesannya jadi lebih garang. Beda banget dengan aslinya yang silver, kesannya terlalu sopan.

Biar adventure lebih kental, roda belakang ditambah mud guard custom bikinan Ngayun Speed sendiri. “Termasuk moncong di bawah lampu depan,” ujar Tomy. Jadi keren ya? Kesan pesek langsung hilang, apalagi dilapis karbon. Aksesori lain yang terpasang juga menguatkan kesan adventure. Mulai dari headlamp protector, yang fungsinya agar kaca lampu aman dari lemparan batu. Juga adanya skid plate di bawah mesin, tentu sebagai pelindung karter.

Jalan jauh makin nyaman setelah windshield diganti yang lebih tinggi. “Pakai punya Versys 650 tapi dicustom,” papar pebengkel yang memang konsen main Versys berbagai tipe ini. Hand guard ganti Barkbusters yang lebih kuat. Kenyamanan juga ditunjang dengan penggantian sarung jok berikut papas busanya, maklum aslinya tergolong keras. “Setang dikasih raiser biar lebih tinggi, posisi duduk jadi lebih santai,” ujar ayah satu putri ini.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI