DFSK Glory 580 Turbo, SUV seru dari tirai bambu

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 69/XXVII
14 September 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 69/XXVII

Duduk di jok belakang, ruang kepala dan kaki masih tersedia cukup banyak. / Foto : Salim

OTOMOTIF
Yap, salah satunya adalah DFSK atau Dongfeng Sokon. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2017 kemarin, Dongfeng memperkenalkan model SUV Glory 580, yang menggunakan mesin turbo loh. Berarti, Glory menjadi Kesuksesan Wuling, ternyata menarik pabrikan Cina lain untuk bermain di segmen mobil berbeda di Indonesia mobil Cina pertama dengan sistem turbo yang masuk Indonesia.

Tapi, modelnya seperti tiruan atau copy paste dari brand lain? Ya, memang. Tapi paling tidak mereka sudah berani membuat produk sendiri. Tampilan eksteriornya memang mirip gabungan beberapa brand lain. Tuh tengok deh, pada fascia depan seperti desain lampu depan, gril dan juga bemper, mirip Honda CR-V. Sedangnya aura Nissan X-Trail tampak di rancangan bodi bagian samping dan belakangnya. Tapi, itu tidak heran kok! Interior Sebab, Dongfeng ternyata juga bekerjasama dengan Honda dan Nissan di negara asalnya.

Selain dengan 2 pabrikan besar Jepang tadi, Dongfeng juga bekerjasama dengan pabrikan besar dunia lain, seperti 2 pabrikan besar Amerika, Cummins (mesin diesel) dan Dana (Gardan), KIA sebagai perwakilan Korea, dan dari Eropa Dongfeng juga bekerjasama dengan Aliansi PSA Peugeot-Citroen, Renault. Di bagian ini di luar bentuk kemudi, Glory 580 sangat mirip dengan X-Trail. Mulai dari bagian dasbor, ventilasi AC, hingga layar besar di bagian tengahnya.

Untuk unit yang dipajang di GIIAS kemarin, memang kemudinya masih di sebelah kiri, karena langsung didatangkan dari negeri asalnya. Tentu nanti saat diluncurkan di Tanah Air yang rencananya bulan oktober mendatang, kemudi akan pindah ke sisi kanan. Duduk di jok belakang, ruang kepala dan kaki masih tersedia cukup banyak. Ditambah lagi dengan pengatur AC independen untuk penumpang belakang.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI