Harley-Davidson Softail Evolution 1996, best of the best

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 73/XXVII
13 Oktober 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 73/XXVII

Motor stainless ini digerakkan mesin Harley- Davidson Softail Evolution tahun 1996.

OTOMOTIF
Gelaran Kustomfest 2017 yang berlangsung minggu lalu (7-8/10) menobatkan karya Krom Works sebagai Best Kustom Bike Show. Mengusung konsep board tracker yang digabungkan dengan ide liarnya, yaitu penggunaan bahan stainless steel di hampir semua bagian motor. “Ingin menampilkan sesuatu yang berbeda. Tetap ada unsur elegan, klasik, tapi juga modern dan istimewa karena komponen kita buat sendiri sehingga limited. Jadi meskipun ala board tracker, tapi pakai konsep baru dan murni buatan kita,” ujar Andika Pratama, builder dari Krom Works.

Paling membuat spesial dari motor ini tentu hampir 100% menggunakan stainless steel. Paling mencolok tentu saja bagian rangka, sama sekali tidak ada unsur besi, semua serba stainless. “Mau buat inovasi baru makanya pakai stainless. Yang dipakai stainless steel 316. Tingkat kesulitan sangat tinggi, karena karakternya yang gampang memuai, maka dari itu tiap komponen harus dibuat bracket agar presisi, pengelasan pun menggunakan proses stick welding,” urai Andika Pratama yang bukan artis ini,

Tidak hanya rangka, bagian lain juga dibuat dari stainless seperti tangki bensin, jok, tangki oli, tutup bensin, dan knalpot. “Karena kami ingin menonjolkan sisi dasar dari stainless steel. Sebagai finishing hanya kami polish tanpa pernis, lagi pula stainless tidak akan berkarat,” lanjut pria ramah ini. Bagian lain yang dibuat dari stainless adalah konstruksi suspensi depan dengan model girder. “Kita pakai girder karena suspensi ini indentik dengan motor klasik. Desainnya kita buat detail yang murni dari imajinasi sendiri,” rinci pria yang workshopnya di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI