Jeep Wrangler JK Unlimited Sport 2013, proyek kolaborasi

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 73/XXVII
13 Oktober 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 73/XXVII

Ketika dua spesialis jip dan 4x4 berkolaborasi membangun sebuah Wrangler JK, beginilah hasilnya.

OTOMOTIF
Sekian lama bergelut dengan modifikasi SUV dan double cabin, Arif Sugiharto coba mengalihkan perhatiannya pada Jeep Wrangler JK Unlimited Sport. Ceritanya, dia ingin mengubah tampilan Wrangler JK miliknya ini, agar bisa terlihat luar biasa. Kebetulan, Arif kenal dengan Widodo Teguh, punggawa spesialis Jeep dan 4x4 asal Solo, ProRock Engineering.

“Saya sempat ngobrolngobrol dengan Widodo, untuk ajak dia kerja sama,” ujar Arif, yang juga salah satu pemilik gerai Banteng Mas di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta pusat. Maka, terjadilah kolaborasi gokil dalam membangun Wrangler JK satu ini. Semua part aftermarket yang digunakan pada jip bermesin Pentastar 3.600 cc ini, dipilih dari produsen high end. Sehingga sudah pasti kualitasnya terjamin, sekaligus berwajah maskulin, serta membuat Wrangler JK ini lebih sakti di medan off-road.

Semua sektor digarap serius oleh Arif dibantu Widodo. Tak terkecuali pada sektor kaki-kaki. Meski tidak diperuntukkan off-road ekstrem, Arif tetap melakukan penguatan pada bagian ini. Gardan depan misalnya, kini berganti dengan Dana 4x4 yang diperkuat dari Teraflex. Tak hanya itu, as roda juga sudah menggunakan Nitro Axle dengan 32 spline. Tujuannya agar lebih kuat untuk digunakan off-road. Sementara untuk gardan belakang, tetap menggunakan bawaan standar.

“Kebetulan Wrangler JK yang tipe Sport, gardan belakangnya sudah pakai Dana 44,” ujar pemukim di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini. Setelah gardan, suspensi diganti pakai produk Icon Vehicle Dynamics, sekaligus lift kit berupa coil over serta tabung by pass-nya. Plus streering shockbreaker hingga sway bar. Kenaikan tingginya mencapai 4 inci dan dinilai cukup untuk mengakomodasi ban berukuran besar. Namun untuk harian, suspensi Icon ini hanya disetel sekitar 3,5 inci saja.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI