Honda Tiger 1997, Gatotkaca board tracker

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 76/XXVII
2 November 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 76/XXVII

Secara dimensi mesinnya besar jadi gagah kayak Gatotkaca. / Foto : Istimewa

OTOMOTIF
Gelaran Kustomfest 2017 tempo hari (8/10) menghadirkan builder motor kustom dari seluruh Indonesia. Salah satunya Win’s Paddock yang berhasil menyabet gelar runner up di kelas FFA Main Class menggunakan Honda Tiger yang diberi nama Gatotkaca, tokoh ksatria di cerita pewayangan.

“Sebenarnya motor ini ada dari tahun 2015, dan ini sudah konsep ketiga. Tahun ini kembali ikut dan ingin lihat apakah masih bisa juara gak, apa masih perkasa seperti Gatotkaca yang tua tapi kuat,” ujar Siswo Winoto owner Win’s Paddock.

Kali ini konsep yang diusung adalah board tracker, “Mengambil konsep dari Triumph Bonneville Salt yang balap drag di padang garam.Tapi pelek dan ban kita ambil konsep bobber makanya terlihat gendut,” sebut Wiwin sapaannya. Uniknya pelek hanya memiliki 3 palang yang posisinya nyeleneh.

“Sengaja itu strategi dibuat aneh supaya orang bertanyatanya. Itu gabungan pelek Suzuki GSX 400 dan satu lagi lupa, hahahaa...,” kekeh Wiwin. “Untuk ban pakai Dunlop Racing ukuran 165/60-17 tipe slick yang sengaja diukir Gatotkaca oleh seniman berbakat Bayu Tattoo, dan ternyata hasilnya cakep,” tunjuknya pada si karet bundar.

Rangka bikin baru model rigid tanpa suspensi, posisi setangnya jauh serta rata,bikin badan pengendaranya jadi nunduk abisss. “Konsep board tracker memang begitu, biar aerodinamis. Makanya tangki di bawah rangka alias drop tank,” ujar pria yang sudah menggeluti aliran board tracker dari tahun 2012 ini.

Tangkinya pun tidak sepenuhnya menampung bahan bakar, karena sisi kanan ternyata untuk wiring kelistrikan. Bentuknya pun asimetris, sebelah kanan ada coakan mengikuti mesin, sedang yang kiri rata.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI