F1 putaran 19, Brasil. Vattel juara, Hamilton yang kencang

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 78/XXVII
15 November 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 78/XXVII

Meski sudah mengamankan posisi juara dunia, Lewis Hamilton tetap ngotot bertarung jadi yang terbaik. / Foto : Ferrari spa

OTOMOTIF
Meski sudah mengamankan posisi juara dunia, Lewis Hamilton tetap ngotot bertarung jadi yang terbaik. Hal ini memang telah dikatakan oleh pembalap Inggris tersebut sesaat setelah meraih gelar juara dunia. Menurutnya, meski sudah jadi juara dunia, tapi untuk jadi pemenang tiap seri merupakan hal penting. Ini dibuktikan saat gelaran F1 putaran 19 di sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Brasil (12/11).

Start dari pitlane, membuat pembalap tim Mercedes-AMG Petronas ini harus punya strategi dan teknik tersendiri supaya bisa berada di posisi depan. Kunciannya, ada di pemilihan ban. “Saat kualifikasi saya keluar trek dan mobil rusak. Kru tim bekerja ekstra keras supaya bisa tetap balap. Tentu ini bukan balap yang seru bagi saya,” ungkapnya.

Guna mengejar ketertinggalannya, Hamilton memilih ban tipe soft sejak awal lomba dan akan berganti menjadi tipe supersoft pada saat pitstop. Strategi yang dijalaninya terbukti berjalan apik. Sampai akhirnya, pembalap yang memulai gokart pada usia 8 tahun ini memimpin di lap 30. Ketika para pembalap barisan depan mulai melakukan pitstop, sementara dirinya masih berada di dalam trek.

Hamilton sendiri baru masuk pit di lap 43. Tentu sudah memiliki keuntungan waktu terhadap pembalap lain. Saat masuk kembali ke trek, posisinya drop ke lima. Di belakang Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari), Valtteri Bottas (Mercedes- AMG Petronas), Kimi Raikkonen (Scuderia Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull Racing-Tag Heuer).

Menempati posisi lima, membuat Hamilton terus memacu mobilnya. “Saya memang tetap mengincar posisi podium meski ini bukan balap yang mudah. Jadi saya memang terus berusaha,” ungkap pemilik nomor 44 ini.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI