Toyota Camry 3.5 Q 2006, multilasi bumper agar awet muda

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 79/XXVII
22 November 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 79/XXVII

Menyatukan tiga bumper sekaligus dalam wajah Camry yang ‘menyala'. / Foto : Rizky

OTOMOTIF
Kali ini Otomotif tertarik mengangkat mobil hariannya, sebuah sedan premium Toyota Camry 2006 3.5 Q. Olehnya, versi teratas Camry ini ‘diobrak-abrik’. Tapi bukan jadi berantakan, malahan kesannya jadi lebih elegan, awet muda dan segar.

Ini lantaran sedan premium yang harga bekasnya sekitar Rp 150 jutaan ini diberi kelir kuning ‘menyala’ dan perubahan wajah lewat operasi bumper. “Kalau sebelumnya saya pernah cat warna merah, yang sekarang mengikuti tren, saya cat kuning dengan pigmen xirallic,” terangnya. Efek xirallic yang bikin tampilan menyala ini disebut dengan warna Lemonsting Yellow dari Spies Hecker.

“Sepertinya warna kuning lagi musim lagi ya, BMW ada yang kuning, Honda Jazz juga,” katanya lagi. Ubahan strategis lainnya ada pada bagian wajah. Bagian bumper dioperasi sehingga kesan awet muda lebih terlihat. Seakan-akan pakai Camry kelahiran 11 tahun yang lalu ini disematkan bumper Camry baru tahun 2017. Padahal, “Perlu tiga buah bumper yang disobek-sobek hingga jadi seperti ini,” buka Sony.

Bumper 2006, bumper facelift 2010, serta bumper dan gril 2017. Kenapa memakai bumper 2010, ini lantaran Sony mendapatkan gril hybrid yang hanya bisa cocok dipasang masuk di bumper tahun 2010. “Setelah dijahit jadi satu, sedikit dibentuk menggunak an tanah liat, kemudian dicetak ulang hingga menjadi seperti ini,” jelasnya. Wah ternyata cukup rumit juga ya.

Menurut Sony lagi, di luar negeri sedang musim bumper conversion. Maksudnya meremajakan wajah mobil agar terlihat lebih muda, tanpa menghilangkan detail-detail bagus yang sulit dibikin. “Kalau body kit custom biasanya susah mendapatkan detail ala OEM dan menghilangkan identitas, makanya cara ini yang saya lakukan,” jelasnya lagi. Kalau dikonversi bumper detail Camry 2017 rumit dan keren, kelihatan jauh lebih muda, tanpa menghilangkan identitas.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI