Mazda 323 Hatchback 1988, replika mobil rally rod millen

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 79/XXVII
22 November 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 79/XXVII

Dapat hatchback yang langka dari teman, dibangun jadi replika mobil rally. / Foto : Kyn

OTOMOTIF
Bagi para penggemar mobil retro khususnya Toyota Corolla, nama Isa Surya Nurmuhammad pasti sudah tidak asing lagi. Berbagai jenis Corolla dari yang versi lokal sampai yang langka sudah pernah dibangun olehnya dan hampir kesemuanya bergaya rally. Namun sekarang rupanya pria yang akrab disapa Isa ini lagi kecantol mobil retro yang bukan dari klan Toyota.

“Saya baru dapat Mazda 323 hatchback dari teman nih! Nongkrong lebih dari 10 tahun di garasi rumahnya dan hampir dikampakin,” serunya. Waduh! Alhasil tanpa pikir panjang, mobil yang sudah langka keberadaannya ini pun langsung diselamatkan ke bengkel K-Zero Tuning miliknya di Tanah Kusir, Bintaro, untuk dibangun ulang. “Dulu waktu sekolah saya pengin punya mobil ini, baru kejadian sekarang, hahaha..,” gelak pria paruh baya ini.

Karena hampir seluruh catnya masih orisinal, akhirnya hanya dilakukan pemolesan ulang agar putihnya bersih kembali. “Kebetulan warnanya putih, cocok untuk tema rally look. Cat yang ‘80an. “Bedanya ini hatchback 4 pintu, kalau yang dipakai Rod Millen 2 pintu dan mesinnya turbo,” ujarnya. Seluruh livery Mazda Rally Team Europe pun dibuat khusus oleh toko stiker langganannya, “Dibuat sedetil dan semirip mungkin lah pokoknya,” bilang Isa dengan logat khas Sundanya

Salah satu detilnya adalah grill dan lampu belakang diganti dengan 323 GTX Turbo yang didapat di Malaysia. Lampu belakang beda motifnya dan garnisnya memanjang jadi plat nomor pindah ke bumper. “Tadinya mau rubah jadi 2 pintu sekalian karena disana ada juga bahan pintu dan kaca belakangnya, cuma kayanya lagi susah masukin kesini sekarang,” keluhnya.

Untuk interior, twin master & speed pilot Halda yang menjadi piranti wajib mobil rally tahun ‘80-an sudah terpasang rapi. Lalu jok depan digantikan dengan jok bucket Koenig yang terbilang langka, “Lebih langka dari Recaro nih, duduknya juga lebih enak,” seru Isa.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI