Hyundai X cient 6x4, siap jual di Indonesia dengan cita rasa Eropa

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 80/XXVll
4 Desember 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 80/XXVll

Geliat pasar kendaraan komersial di Indonesia membuat agen pemegang merek mendatangkan produk-produk terbarunya. / Foto : Dab

OTOMOTIF
Geliat pasar kendaraan komersial di Indonesia membuat agen pemegang merek mendatangkan produk-produk terbarunya. Seperti PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) yang telah memperkenalkan Hyundai Xcient 6x4. Nah, OTOMOTIF mencoba langsung produk Korea yang masuk kategori heavy duty dump truck ini.

Ukurannya yang raksasa memang memiliki kesan kalau truk ini akan sulit dikendarai, tapi ternyata tidak demikian. Lokasi testnya di ruang terbuka di kawasan Bogor, Jabar (22/11). Mempunyai panjang 7.010 mm, lebar 2.490 mm dan tingginya mencapai 3.640 mm memang butuh kewaspadaan lebih saat mengendarainya, terutama saat berbelok.

Untungnya, visibilitas truk ini bagus dengan spion yang mengarah ke segala blind spot membuat pengendara tidak ragu akan posisi truk ini. Nah saat mulai mengendarai, truk ini memang cocok disebut mobil zaman now karena kopling dan power steeringnya benar-benar memudahkan pengendalian.

Sayangnya, tuas perseneling agak keras saat hendak melakukan akselerasi. “Memang, persenelingnya butuh tenaga ekstra kalau ingin oper gigi. Kalau sudah dirakit di sini (Indonesia) akan kami usahakan agar transmisinya lebih halus,” kata Iki Wibowo, Presiden Direktur HOKI memberikan testimoni.

Saat melakukan pengetesan, Xcient yang diisi beban sebesar 10 ton ini terbilang halus saat akselerasi. Tapi dengan beban sebesar itu, sebaiknya kecepatannya dijaga berkisar 25-50 km/jam saja, agar truk tidak terdorong ke depan karena beban.

Oiya, truk berkapasitas 12.920 cc dengan turbocharger ini juga sudah dilengkapi dengan exhaust brake. Teknologi ini akan aktif saat pengemudi melepas pedal gas. Ini bertujuan agar pengemudi tidak sering menginjak pedal rem. Bisa saja sih exhaust brake ini dinon-aktifkan, tapi dengan alasan keamanan, sebaiknya tetap diaktifkan saja deh.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI