Volkswegen type 2 bus (Kombi) 1977, snail camper Dakota pertama di dunia

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 82/XXVII
18 Desember 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 82/XXVII

Membangun motor home dari mobil bekas kecelakaan / Foto : Istimewa

OTOMOTIF
Bengkel Yumos VW di Semarang, kerap hasilkan karya-karya menarik. Beberapa waktu lalu, kami juga sempat mengulas karyanya, yaitu Volkswagen Bus (Dakota) berukuran panjang alias limousine, untuk keperluan mobil pengantin. Nah, kini ada proyek lainnya yang lebih heboh lagi nih. Yap, hebohnya hingga seantero dunia per-VW-an.

Wahyu Pamungkas, atau kerap disapa Yudi selaku pemilik bengkel Yumos, coba bikin gebrakan baru. Ia mengambil bodi VW Kombi Jerman keluaran 1977 bekas kecelakaan, lantas dimodifikasi total hingga bentuknya terlihat lebih tua dengan model VW Dakota. Keahlian Yumos VW dalam mengubah bentuk VW Kombi menjadi VW Dakota, memang tak terbantahkan.

Namun proyeknya kali ini tak hanya mengubah wajah, melainkan juga merancang sebuah model baru, berupa mobil kemping atau biasa disebut motor home. “Mobil ini saya dapatkan dari teman yang sahabatnya meninggal saat kecelakaan. Mobil sudah hancur tanpa bentuk, mesin dan girboks tidak ada, jadi yang saya pakai cuma sasisnya saja,” cerita Yudi, penggawang Yumos VW Semarang.

Ia pun tertantang membangun konsep mobil yang selama ini belum pernah dibuat orang lain, “Membuat replika VW Dakota dengan konsep motor home yang desainnya snail camper,” katanya lagi. Snail camper adalah istilah untuk kendaraan motor home, dimana bentuk kepala dan kabin belakangnya terpisah. Selain itu, juga bentuknya mirip keong yang menggendong rumahnya kemana-mana.

Proyek dimulai dengan melakukan reinforce ulang sasis. Lantas apron depan dibuat sama sepeti VW Dakota tahun 1960-an, “Front indicator model kecil, hendel pintu dibikin model pull button serta bemper USA Style,” cerita pria ramah berkacamata ini. Seluruh bodi dibikin ulang di bengkel Yumos menggunakan pelat galvanis tebal 0,8 mm.

Kelar bagian wajah, berlanjut pada bagian snail camper-nya, “Rangkanya dari besi hollow dan dilapisi pelat alumunium setebal 1,2 mm, agar total bobotnya tidak terlalu berat,” kata Yudi yang sudah pernah membuat VW Dakota terpendek di dunia.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI