Isuzu trooper 1988, mega trower

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 83/XXVII
22 Desember 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 83/XXVII

Diracik dengan dimensi paling ideal untuk adventure off-road.

OTOMOTIF
Sosok tunggangan Odi Handoko ini berbahan dasar Isuzu Trooper. Tapi ‘diracik’ sedikit edan dan dikerjakan sendiri di bengkel miliknya. Dengan menyematkan sepasang kaki milik Land Cruiser VX80, disandingkan ukuran ban 37 inci. Jantungnya mengambil milik Toyota Mega Cruiser, sehingga kelihatan sangar dan besar. Makanya dijuluki Mega Troope.

Menilik bagian eksterior, terlihat bodi Trooper sudah mengalami banyak sekali ubahan. Fender yang tadinya kecil, sudah dipotong habis agar masuk ban ukuran 37 inci. Bahkan, posisi fender pun pindah dari tempat aslinya.

“Karena saya mengincar sudut depan dan belakang mobil. Posisi ban depan maju sampai sejajar bumper, sedangkan yang belakang mundur sampai batas ujung bodi mobil. Jadi kalau ketemu handicap V yang cukup terjal, mobil sudah tidak terkunci lagi,” jelas pria ramah ini. Dengan panjang dan lebar bodi yang sudah melar, Odi siap untuk melahap berbagai macam handicap mulai yang terjal hingga jalan negatif.

Peruntukan adventure off-road dengan durasi panjang, pasti bikin bobot Isuzu Trooper membengkak. Mesin 4JB bawaan Trooper pun dijamin tidak memupuni. Agar tenaga meningkat, Odi memasangkan mesin Toyota 15B-FT. “Sebenarnya ini basis mesin sama yang digunakan pada truk Toyota Dyna. Tapi untuk 15B-FT ini adalah mesin yang diaplikasikan pada Toyota Mega Cruiser.

Salah satu mobil militer Toyota yang bentuknya mirip dengan Hummer,” jelas Odi. Power mesin standar mencapai 153 dk dan torsi 382 Nm, rupanya masih belum cukup. Tenaga mesin dioptimalkan lagi, dengan menaikan boost turbo dan suplai injektor dieselnya

Diperuntukan off-road di trek ekstrem, sudah pasti kaki-kaki bawaan Trooper tidak akan mumpuni. Sistem kaki IFS (Independent Front Suspension) pada Trooper dipensiunkan, gantinya gardan mengadopsi milik VX80. Ini merupakan salah satu gardan favorit dikalangan off-roader ekstrem.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI