Modifikasi Yamaha NMAX 2015, modalnya seharga XMAX

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 84/XXVII
5 Januari 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 84/XXVII

Yamaha NMAX yang satu ini merupakan pemenang semi-final CustoMAXI Yamaha region Tangerang. / Foto : Wawa

OTOMOTIF
Yamaha NMAX yang satu ini merupakan pemenang semi-final CustoMAXI Yamaha region Tangerang. Ternyata, awalnya bukan disiapkan untuk kontes, melainkan sebagai motor turing oleh ownernya, Ihsan Mulya Yusuf. “Tahun ini turing udah ke seluruh pulau Jawa dan Bali,” buka Ihsan.

Modifikasinya dilakukan di bengkelnya sendiri, Ihsan Motoshop. Pertama yang dirombak kaki-kaki. Mulai dari aplikasi pelek jari-jari ring 14 inci, yang ternyata inspirasinya datang dari pabrikan seberang. “Lihat Honda X-ADV keren, jari-jari dan double disc dengan sok upside down,” tutur Ihsan.

Pembuatan double disc brake di roda depan, Ihsan harus mengecor teromol dan menanam baut untuk dudukannya. Cakramnya pakai milik Yamaha R25 kemudian dijepit kaliper Brembo. Terkesan berlebihan remnya? Tidak juga, karena mesin juga sudah diupgrade menggunakan paket bore up kit 63 mm dari TDR, kapasitasnya jadi 183 cc.

Menariknya, ubahan itu tanpa disertai pemasangan piggyback atau ganti ECU. “Masih normal dan aman, lari 120-130 km/jam masih bisa,” seru Ihsan. Ubahan mesin disempurnakan dengan memasang knalpot ProSpeed Scooter, serta part CVT dan rasio dari TDR. Demi menunjang turing, Ihsan memasang foglamp 20 watt di kiri dan kanan, ada juga top box.

Headlamp juga diganti pakai proyektor LED milik New Toyota Fortuner. Lampu ini sudah pakai autoleveling lho! Terang benderang deh! Sedang stoplamp pakai produk JPA. Bagian setang tak kalah ramai, bukan cuma ganti produk ProTaper, terpasang juga master rem Brembo RCS 19 di kanan dan RCS 16 di kiri. Tabung rem menggunakan Lightech dan handgrip dari Harris Performance. Sedang spion dari TDR.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI