Tampilkan di aplikasi

Formula E putaran 4, Chili, satelit yang bersinar

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 90/XXVII
7 Februari 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 90/XXVII

Sejak awal start, banyak kejutan saat Formula E putaran 4 diselenggarakan di Santiago, Chili (3/2). / Foto : Renault Sport

OTOMOTIF
S ejak awal start, banyak kejutan saat Formula E putaran 4 diselenggarakan di Santiago, Chili (3/2). Balapan yang dimenangkan oleh pembalap tim Techeetah, Jean Eric Vergne dan rekan setimnya, Andre Lotterer meraih podium kedua.

Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Formula E dua pembalap dari satu tim mampu menguasai podium tertinggi. Apalagi ini merupakan tim satelit pertama yang meraih kemenangan. Eric Vergne yang memulai lomba dari grid terdepan menjaga ritme balap dengan sangat baik dan kokoh di posisi depan meski beberapa kali posisinya sempat tercuri.

Lain halnya dengan Lotterer yang memulai lomba dari grid keempat dan mendahului dua jawara Formula E, Sebastien Buemi (Renault E.Dams) dan Lucas di Grassi (Audi Sport ABT Schaeffler). “Mobil ini memang tidak secepat mobil LMP1 (mobil balap ketahanan) tapi harus menjaga konsentrasi agar tidak terlalu rapat dengan dinding pembatas, tapi juga jangan terlalu jauh,” kata Lotterer yang juga menjalani World Endurance Championship (WEC).

“Meraih podium pertama di Formula E memang menjadi hal yang istimewa. Sebab meraihnya dengan podium dua bersama rekan setim saya yang membuat podium ini kian spesial bagi Techeetah,” sambung pria berkumis tipis tersebut. Kejutan tak sampai di situ, tim asal Cina ini ternyata juga terkena ganjaran denda sebesar 30 ribu Euro atau sekitar Rp 504 juta.

Denda ini dijatuhkan karena Techeetah melakukan modifikasi dalam aspek keamanan dan belum melakukan homologasi. Modifikasi dilakukan pada bagian safety belt yang membuat pembalap lebih cepat melepas dan memasang safety belt tersebut saat penggantian mobil. Ini merupakan eksperimen yang dilakukan Techeetah.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI